Kamis, 19 Juli 2012

Awal Puasa Tahun 2012 di Jawa Timur Ditetapkan Nanti Sore

loading...
TEMPO.CO, Surabaya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Sudjak, mengatakan bahwa penetapan awal Ramadan 1433 Hijriah di Jawa Timur akan ditentukan Kamis sore, 19 Juli 2012. Penentuannya dilakukan melalui proses rukyatul hilal (melihat bulan sabit muda) yang akan digelar di 16 lokasi.

Menurut Sujak, ke-16 lokasi tersebut di antaranya di Bukit Condro Dipo, Gresik; Pantai Ambet, Pamekasan; Pantai Gebang Bangkalan; Tanjung Kodok, Lamongan; Pantai Nambangan Surabaya; serta menara Masjid Al-Akbar Surabaya. "Di seluruh lokasi kami lengkapi dengan teropong canggih," kata Sudjak kepada Tempo, Kamis, 19 Juli 2012.

Rukyatul hilal akan dilakukan oleh tim gabungan yang dikoordinasi oleh tim dari Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur. Tim gabungan terdiri dari para ahli hisab dan hilal dari Pengadilan Agama, serta lembaga keagamaan, seperti NU, Muhammadiyah, MUI, serta beberapa ormas lainnya.

Proses rukyatul hilal akan dimulai tepat 30 menit sebelum terbenamnya matahari pada sore nanti. "Sejak Asar, tim sudah di tempat dan proses melihat hilal dimulai tepat 30 menit sebelum Magrib hingga setelah Magrib," ujar Sujak.

Hasil rukyatul hilal akan didiskusikan oleh tim kecil yang selanjutnya akan diteruskan hasilnya ke Kementerian Agama di Jakarta. "Kalau hilal terlihat, ya, besok sudah mulai Ramadan. Tapi kalau hilal tidak terlihat, maka Ramadan hari Sabtu," ucap Sujak pula.

Hal yang sama dikatakan koordinator Tim Rukyatul Hilal Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, Sholeh Hayat. Untuk hilal sore nanti, PWNU akan melakukannya di 13 lokasi. "Sebanyak 13 pakar hisab dan hilal yang kami miliki disebar untuk pastikan hilal sore nanti," tutur Sholeh.

Untuk melihat hilal kali ini, PWNU sepenuhnya akan berkoordinasi dengan Kanwil Kementerian Agama sehingga hasil dari rukyatul hilal akan disampaikan ke Kanwil Kementerian Agama untuk selanjutnya dikirimkan ke Kementerian Agama di Jakarta untuk dijadikan bahan dalam sidang isbat (sidang penentuan awal Ramadan).

Meskipun baru akan melihat hilal pada sore nanti, Sholeh memprediksikan hilal pada sore nanti tidak akan tampak. Dengan demikian puasa akan dimulai hari Sabtu. "Hampir seluruh metode dan teori hisab yang kami pelajari menunjukkan hilal sore nanti di bawah dua derajat sehingga tak mungkin bisa dilihat," katanya.

FATKHURROHMAN TAUFIQ
Sumber : www.Tempo.co
Awal Puasa Tahun 2012 di Jawa Timur Ditetapkan Nanti Sore Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top