Kamis, 04 Oktober 2012

Cara Menggunakan Google Trends Tampilan Baru

Di bulan September 2012 kemarin, google merenovasi tampilan google trendsnya. Apa sih google trends itu? Kalau kamu seorang blogger kamu pasti tahu dong ;) Baiklah, mungkin ada yang belum ngeh dengan layanan google yang satu ini. Google trends merupakan salah satu layanan dari google yang berfungsi untuk mencari data pencarian terkini. Trend pencarian yang terjadi saat ini di suatu tempat. Kalau di twitter hal itu disebut trending topic, di kaskus disebut hot thread. Ya semacam itulah. Di dalam google trends terdapat google insight, google insight sangat berguna bagi blogger karena memudahkan untuk mencari ide penulisan guna memenuhi blognya. Di tampilan terbarunya ini, google menggabungkan google trends dan google insight. Pertama melihatnya rada bingung, tahu-tahu malah eror, waduh, mungkin kamu mengalami hal yang sama? Berikut ini solusinya.

Jadi waktu buka google trends di http://www.google.com/trends/, aku langsung ketik kata kunci yang aku inginkan, lalu muncullah tampilan, iya tampilan, tampilan hanya putih blank. Aku sempat berfikir, apa emang gini ya tampilan terbaru google trends, hmmm, aku coba tanya ama blogger lain, eh ternyata beda, di tempat beliau, google trend bisa digunakan dengan baik. Aku tanya kesana kemari, googling, nggak ada yang tampilan google trendsnya hanya putih seperti punyaku. Seharusnya tampilan kan seperti di bawah ini :

tampilan baru dari google trends
Kalau tampilan google trends kamu nggak sepeti di atas, mungkin ada kesalahan seperti yang aku alami. Solusinya kalau tampilan google trends kamu hanya putih, kamu hanya perlu mengupgrade browser kamu. Setelah itu coba buka lagi google trends kamu di http://www.google.com/trends/ Gimana? jadi normal kembali kan ;)

Untuk menggunakan google insight seperti sebelumnya, setelah membuka google trend, kamu ketikkan kata kunci sembarang, ntar akan muncul pencarian kata kunci tersebut. Nah untuk mencari trends di Indonesia misalnya, pada kolom Batasi Hingga silakan diganti dengan negara Indonesia. Pada kolom Istilah Penelusuran silakan dihapus kata kunci tadi, kemudian dikosongin aja, dan klik enter. Lalu lihat ke kanan, nah daftar kata kunci di kanan itu yang lagi naik daun di Indonesia. Selamat mencoba :)