Senin, 08 Oktober 2012

Mengatasi Sendiri Trouble Shooting Pada Warnet

loading...
Dalam suatu warnet pasti pernah dong mengalami yang namanya trouble shooting, atau istilah kerennya eror. Yang punya warnet pasti pernah ngrasain kan gimana repotnya kalau lagi gangguan gitu, pasti kalau belum tahu pada panik ya, hayo :D Yang pake spidi pasti langsung telpon 147 :D Namun setelah ditelpon, ternyata masih belum bisa juga internetnya, wah, makin puyeng v( ‘.’ )v Sebetulnya mengatasi trouble shooting pada warnet itu gampang kalau kita tahu pangkal permasalahannya dan memberinya jurus yang tepat untuk mengatasinya. Di bawah ini ada daftar gangguan yang sering terjadi pada warnet beserta cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Sebelum menghubungi teknisi favorit kamu maupun teknisi orang telkom, ada baiknya kamu sendiri memberikan pertolongan pertama pada warnet kamu yang eror itu. Daripada repot² panggil teknisi, kehilangan biaya service, kelamaan pula datangnya v(ಥ ̯ ಥ)v Ok, berikut ini pertolongan pertama pada warnet yang eror.

Eror pada warnet beserta cara mengatasinya :
  1. Jenis gangguan : Semua komputer tidak konek internet, buka browser malah problem loading.
    Petunjuk : Lampu di modem hanya 2 yang nyala.
    Cara mengatasi : Kalau ini bisa jadi listrik mati. 2 lampu yang nyala itu adalah lampu indikator power dan LAN, sedangkan lampu untuk DSL dan internetnya mati. Coba kamu cek telpon rumah yang sealur dengan spidi kamu, kalau mati juga, berarti jelas-jelas listrik yang dipakai untuk saluran spidi itu sedang mati. Solusinya kamu mesti tunggu listrik nyala sambil sante-sante 8-)

  2. Jenis gangguan : PC server bisa buat internetan, tapi salah satu atau dua bahkan tiga klien tidak bisa buat browsing.
    Solusi : Coba cek kabel LAN kamu yang nyolok di switch hub, coba dicolokin yang bener, pastikan lampu indikator di switch hub nyala semua. Kalau udah nyala, coba klien dibuat browsing lagi. Kalau udah bisa ya syukur, kalau belum, cek kabel LAN klien yang tidak bisa browsing, cabut trus colokin lagi. Kalau masih belum bisa, coba di komputer klien itu enable kan LAN nya. Caranya : klik start>Control Panel>Network and Internet Connections>Network Connections>Nah di dalamnya ada Local Area Connection, silakan diklik kanan dan pilih enable.

  3. Kalau internet kamu pake proxy eksternal dan mikrotik, kadangkala waktu pertama kali abis kita nyalain semua gitu, bukannya bisa buat browsing malah terjadi problem loading waktu browsing. Nah, seperti yang dulu pernah aku alami, ternyata setelah dicek, itu dikarenakan CPU proxy eksternal yang eror, nggak bisa masuk ke sistem. Cara ngeceknya gimana? tinggal kamu buka winbox, login, lalu pada new terminal ketikkan ping (spasi) IP CPU proxy. Misal ping 192.168.254.6 lalu enter. Nah kalau hasilnya timeout, berarti proxy memang belum terkoneksi ke mikrotik. Atau cara yang lebih mudah untuk mengeceknya yaitu dengan menancapkan kabel LCD ke CPU proxy, ntar kan tampil tuh, eror² gitu. Nah lantas bagaimana cara mengatasinya kalau udah gitu? ya tinggal kamu matiin tu CPU proxy dengan cara pencet tombol powernya dalam waktu lama sampe mati, setelah itu silakan dinyalakan lagi.

  4. Ada lagi gangguan yang lebih unik, jadi semua lampu indikator di modem itu nyala, tapi tetap nggak bisa browsing, udah gitu lampu indikator di mikrotik ternyata juga nyala semua, CPU proxy pun begitu. Wah apa gerangan yang terjadi ya (>.<) Langsung aja ke solusinya, jadi kalau udah gitu kamu tinggal reset aja settingan modemnya. Caranya ada di sini.
Ok, itulah beberapa trouble shooting pada warnet yang pernah aku alami dan setelah aku mencoba cara² di atas, alhamdulilah bisa teratasi semuanya sendiri tanpa bantuan teknisi. Moga cara² di atas bisa bermanfaat juga bagi teman-teman yang lain. Kamu punya pengalaman trouble shooting pada warnet yang lain beserta cara mengatasinya?share ya di kotak komentar ;)
Mengatasi Sendiri Trouble Shooting Pada Warnet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top