Jumat, 14 Desember 2012

Adab Anak Kepada Orang Tua Secara Islami

loading...
Ada banyak cara untuk menunjukkan bakti kita pada orang tua. Tetapi pada dasarnya, semua cara memuliakan orang tua bermuara pada 2 cara, yaitu : Mematuhi perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah. Seperti ini nih misalnya :
ilustrasi sikap hormat anak kepada orang tua. Source : www.hadikonsultasionline.wordpress.com
Cara menunjukkan sikap hormat kepada orang tua :
  1. Menjaga lisan
    Hindari ungkapan kekecewaan atau kekesalan kita pada orang tua, sekalipun hanya dalam bentuk "ringan", seperti "AH!". Jangan bersuara lebih keras dari suara mereka, jangan memutuskan pembicaraan mereka, jangan berbohong saat beradu argumentasi dengan mereka, dan yang terpenting jangan sekali-kali meremehkan mereka.

  2. Merawat dengan hati
    Lakukanlah perbuatan baik terhadap mereka, dahulukan kepentingan mereka, dan usahakan tidak merasa terpaksa dalam mencari keridhaan mereka. Selalu ingat pada kasih sayang mereka di masa kecil dapat membantu menjaga cinta pada orang tua. Terlebih saat orang tua kita semakin tua. Giliran kita untuk merawat balik mereka dengan cinta.

  3. Mendoakan
    Saat merasa tidak sejalan dengan orang tua atau merasa sedang bermasalah tetapi tidak bisa membantu, langkah terbaik adalah dengan mendoakan. Bahkan terhadap orang tua yang tidak seiman pun, kita tetap wajib mendoakannya. Doa anak sholeh akan membantu mereka di akhirat kelak. Maka, agar doa kita bermakna, mari berusaha menjadi anak sholeh terlebih dahulu.

  4. Menjadi temannya
    Seringkali pertengakaran anak dan orang tua disebabkan karena kurangnya komunikasi. Coba kalian bandingkan, lebih banyak mana, jumlah waktu yang kalian gunakan untuk ngobrol dengan teman main, dengan waktu ngobrol dengan orang tua? Saat curhat masalah pribadi pun, kita cenderung lebih suka membahasnya dengan teman. Padahal di rumah orang tua selalu mengkhawatirkan kita.
Menjalin hubungan yang baik dan benar (islami) dengan orang tua adalah kunci utama berbakti kepada mereka. Mari belajar mempraktekkannya.
Adab Anak Kepada Orang Tua Secara Islami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top