Senin, 18 Februari 2013

Meteor Jatuh di Rusia 2013

www.InginBerbagi.com - Rusia, Peristiwa Jatuhnya Meteor. 3 hari yang lalu tepatnya 1 hari setelah valentine, Ada sebuah meteor jatuh di Rusia. Meteor itu berhasil menembus atmosfer bumi tepat di atas Rusia, dan sekitar pukul 09:20:26 waktu Yekaterinbug, meteor tersebut berubah menjadi bola api. Meteor ini melewati daerah Ural dan meledak di langit kota Chelyabinsk.

Akademi Sains Rusia menyatakan bahwa meteor Chelyabinsk tersebut memiliki berat 10 ton dan berkecepatan 15 km/detik, lalu meledak di ketinggian 30-50 km di atas permukaan tanah. Sedangkan menurut NASA, meteor tersebut lebih besar dari yang diperkirakan. Dengan pelepasan energi yang sangat kuat, 20-30 kali lebih kuat daripada pengujian nuklir Trinity di New Mexico, atau bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Karena jauh lebih kecil dari objek yang saat ini tengah di lacak oleh para ilmuwan antariksa, maka meteor ini tidak terdeteksi sebelum menembus berhasil memasuki atmosfer.

Atap pabrik yang runtuh di Chelyabinsk, karena gelombang kejut dari meteor

Jejak yang ditinggalkan meteor saat meledak

Ledakan menyebabkan kaca pecah di Chelyabinsk Drama Theatre
Meteor Chelyabinsk ini bisa digolongkan sebagai bola api. Dan peristiwa ini bisa disebut dengan ledakan udara, karena objek meledak di atmosfer dalam perjalanannya menuju bumi. Meskipun ada teori yang menyatakan bahwa objek adalah asteroid 2012 DA14 yang mendekati bumi 15 jam kemudian. Namun sumber di Rusia, ESA (European Space Agency) dan NASA mengungkapkan bahwa antara Meteor Chelyabinsk dan asteroid 2012 DA14 tidak saling berkaitan.

Sejauh ini belum ditemukan korban meninggal dunia dari peristiwa tersebut. Dilaporkan sekitar 1200 orang luka berat dan ringan terutama disebabkan oleh gelombang kejut yang memecahkan kaca jendela. Hampir 3000 bangunan di 6 kota tersebut mengalami kerusakan akibat jatuhnya meteor Chelyabinsk. Ledakan meteor juga menimbulkan cahaya yang sangat terang, cukup terang untuk bisa diamati dengan mata telanjang di kota Oblast Sverdlovsk, Tyumen, Oblast Orenburg, Bashkiria, dan di Kazakhstan.