Senin, 04 Maret 2013

Linux, OS Keren yang Tahan Virus

Beberapa hari ini selalu gundah, gundam, galau, gulana, pemikiran-pemikiran absurd selalu membayangi, bukan karena cewek atau sejenisnya. Melainkan karena masalah komputer :D Bukan komputer rusak sih, tapi dari kemarin-kemarin pengen ganti OS nya. Udah sejak lama sebenernya pengen ganti linux untuk kegiatan perkomputeranku sehari-hari, dulu pernah sekali instal linux dan windows di laptop (dual OS), tapi nggak lama linuxnya aku ilangin, abisnya aneh gitu, apa akunya yang nggak bisa pakenya ya, hahah #lol. Tapi sekarang tiba-tiba insting untuk memakai linux menguat lagi. Dan terlebih katanya linux tahan terhadap virus. Apa bener begitu ya?

Sampai saat ini malware yang menginfeksi linux memang lebih sedikit dan bahkan bisa dihitung dengan jari dibandingkan dengan malware yang menginfeksi windows. Malahan yang berkembang adalah malware yang menginfeksi android yang dibangun dengan linux, dan bahkan perkembangannya mengalahkan perkembangan malware yang menginfeksi windows.

Jadi kesimpulannya, malware yang diciptakan untuk menginfeksi windows tak akan bisa menginfeksi linux, dan sebaliknya. Begitulah kira-kira dari beberapa sumber yang aku baca. Wah jadi nggak sabar nih pindah ke linux, apalagi beberapa teman udah ada yang make, dan katanya enak, ringan. Dan lagi aplikasi dari windows bisa dijalankan di linux dengan tambahan WINE dari linux. Kalau kamu, gimana pengalamannya selama pakai linux?