Sabtu, 04 Mei 2013

Cara Custom Domain Blogspot Terbaru

loading...
Merubah nama blog menjadi .com, .net, .web.id ataupun yang lainnya akan membuat blog kamu jadi lebih solid, terpercaya dan afdol daripada masih ada embel-embel blogspot di belakangnya. Terlebih jika blog kamu merupakan blog jualan, membuatnya menjadi .com akan membuat kredibilitas blog jualan kamu lebih bagus. Baiklah, tanpa banyak basa basi, langsung aja kita belajar bareng untuk membuat custom domain blogspot.

Sebelumnya aku asumsikan kalau kamu udah beli domainnya ya, untuk domain lokal, aku biasa pake jasa kuncihost. Selain murah, pelayanannya pun ramah dan cepat tanggap bila ada pertanyaan.


Ikuti gambar-gambar di bawah ini untuk mengcustom domain blogspot kamu :

Login ke akun blogspot kamu, pilih Setting/Pengaturan, lalu pada bagian Publishing klik Add Custom Domain

Setelah masuk ke Add Custom Domain tadi, klik Switch to Advanced Setting

Ketikkan nama domain yang sudah kamu beli tadi, lalu klik save, dan apa yang terjadi :D

Dan, inilah yang terjadi setelah kamu klik nama domain tadi. Akan muncul peringatan kalau domain kamu belum tersambung, nah yang perlu kamu lakukan adalah mengcopas yang aku kasih kotak merah di atas itu ke notepad, karena itu nanti penting untuk menyambungkan domain baru kamu pada control panel domain kamu (tepatnya di bagian CNAME Records)
Setelah dicatat, silakan masuk ke control panel domain kamu. Kalau control panel di kuncihost alamatnya http://domain.kuncihost.com. Setelah itu pada bagian Manage Orders, pilih List/Search Order, lalu pilih nama domain kamu.

Setelah memilih domain kamu, klik DNS Management, kalau muncul seperti yang aku kotak merah di atas, klik Fix Name Server Automatically. Setelah itu klik Manage DNS.

Selanjutnya akan muncul pop up halaman baru, lalu ada banyak menu seperti di atas, pilih saja CNAME Records. Yang perli diperhatikan adalah bagian yang aku kasih kotak merah di atas. Isikan sesuai gambar, kalau sudah jangan lupa klik Add Record. Atau kalau udah pernah diisi dan diedit, klik Modify Record seperti gambar di atas.

Klik lagi CNAME Records, nah untuk bagian ini, isiannya adalah dari blogspot tadi yang aku suruh copas ke notepad tadi. Masih ingat kan? kalau lupa, lihat lagi gambar nomor 4 dari atas di tahapan awal tadi. Setelah semua terisi, klik Add Record.
Settingan selanjutnya adalah pada A Records. Klik Add A Record

Yang perlu diisi adalah yang aku kasih kotak merah di atas. Nanti kamu akan membuat 4 A Records. Dimana pada kolom Destination IPv4 Addressnya diisi dengan angka-angka berikut ini : 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21 Penulisan angka ini mesti urut ya. Untuk TTL isinya sama semua, yaitu 28800. Setelah selesai, jangan lupa klik Add Record

Inilah gambaran ke 4 Add Record yang udah berhasil dimasukkan. Nah, pada tahap ini, settingan di control panel domainnya udah selesai. Selanjutnya kita akan kembali mensettingnya di blogpspot.
Pada blogspot, masuk lagi pada Settings>Publishing. Pada Blog Address pilih Edit

Setelah klik Edit, kamu akan masuk pada pengisian kolom seperti di atas, silakan ikuti sesuai gambar, setelah itu di save. Pada beberapa kasus, ada yang langsung bisa, ada yang masih nunggu. Kalau masih belum mau nyambung dan masih eror, tunggu 1-2 hari lalu silakan dicoba lagi pada bagian yang ini saja.

Nah, mudah kan cara mengcustom domain pada blogspot :) Santai saja, baca dan ikuti setiap petunjuk dengan teliti, pasti kamu bisa :) Semoga bermanfaat...
Cara Custom Domain Blogspot Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top