Selasa, 11 Juni 2013

Mengatasi Komputer Selalu Ngehang Saat Diinstal

loading...
Hal ini baru saja aku alami. Jadi aku punya pc (komputer) nih, processornya AMD 64 bit. Lalu pc itu aku upgrade, mulai dari RAM nya yang 1GB aku naikin ke 2 GB, VGA nya yang dulu onboard aku beliin yang eksternal 1GB 128 bit. Hmmm apa lagi ya, udah itu doang sih :D, untuk hardisknya nggak beli lagi, soalnya udah 320 GB. Semua perangkat udah kompatibel dengan komputerku, tapi masalah terjadi saat penginstalan.

Ketika aku akan menginstalnya dengan windows XP * Duh jadul yach masih pake XP :D PC selalu ngehang, waktu pertamanya sih emang enggak, tapi di pertengahan (saat masih berwarna biru), PC selalu ngehang, tak bisa masuk ke akhir instalasi. Pernah juga terjadi blue screen sekali. Awalnya aku pikir karena processornya 64 bit, mungkin nggak cocok ama windows XP 32 bit yang aku instalkan, tetapi ketika aku mencoba untuk menginstal windows 7, XP 3 dan XP black, hal serupa kembali terjadi.


Aku belum mulai panik, ah aku pikir mungkin PC nya lagi kotor, berdebu. Kemudian aku pun melepas motherbordnya, kemudian aku bersihkan semua komponennya sampe bersih, aku semprot dengan angin dari kompresor untuk menghilangkan debu-debu yang membandel. Setelah kupastikan semuanya bersih, lalu kucoba memasangnya kembali semua komponen dan kemudian menginstal ulang. Dan binggo...... !! PC ku tetap saja ngehang, macet saat menginstal :(

Kepanikan mulai melanda, aku coba lepaskan processornya, eh malah kipas processornya patah, hmmm, mungkin ini penyebab hangnya. Menurut buku yang pernah aku baca, patahnya kipas processor bisa membuat processor cepat panas. Lalu aku pun memperbaikinya, setelah kipas OK, processor OK, RAM OK, aku pun mulai lagi untuk menginstal PC. Dan hasilnya pun nihil, masih saja ngehang :(

Akhirnya pasrah, beberapa hari aku biarkan saja itu PC. Sampai akhirnya seorang teman datang dan mencoba memberi masukan tentang permasalahan ngehangnya PC ku itu. Dia bilang mungkin hardisknya, tapi awalnya aku ragu, orang hardisk itu juga masih termasuk baru, belinya baru, pun jarang dipakai. Tapi karena udah pasrah, aku copot hardisk 320 GB itu dan  mencoba menginstal dengan hardisk lain, dan syukur alhamdulilah, hardisk lama yang aku pakai untuk menginstal itu ternyata malah bisa, meskipun rada terbengong-bengong akunya :D Dengan kata lain, masalah ngehangnya PC ku itu terselesaikan setelah diganti hardisknya.

Sebagai catatan, hardisk baruku yang 320 GB itu memakai kabel SATA, sedangkan hardisk lamaku masih memakai IDE dan hanya berkapasitas 30 GB saja. So, bila kamu mempunyai permasalahan serupa, setelah kamu memastikan bahwa RAM, processor, kipas processor dan VGA semuanya aman, kamu bisa mulai mengecek  hardisk kamu :), semoga bermanfaat.
Mengatasi Komputer Selalu Ngehang Saat Diinstal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top