Selasa, 02 Juli 2013

Cara Submit Blog ke DMOZ

DMOZ adalah sebuah web direktori yang telah bekerja sama dengan banyak direktori lain di dunia maya. Beberapa direktori lain yang berpartner dengan DMOZ : AOL Search, Google, Netscape Search, Yahoo Search. Jadi ketika kita mensubmitkan blog ke DMOZ, blog kita juga akan tersubmit ke direktori lain itu. Simpel kan, submit ke 1 web direktori, bonus ke beberapa web direktori lainnya :). Namun untuk bisa masuk ke direktori lain itu juga butuh waktu, kira-kira 2 minggu sampai 1 bulanan. Menurutku itu tak masalah, toh gratis ini :D Kenapa butuh waktu lama dalam mensubmitnya? Karena mereka masih mereview dan memilah-milah blog kita, maka dari itu dalam mengisi form submit nanti haruslah jelas, agar proses review cepat selesai dan blog kita segera nongkrong di banyak direktori pencarian web.

Langkah-langkah Mensubmit Blog ke DMOZ :
  1. Buka www.Dmoz.org
    Saat tampilan ini, kita jangan terkecoh untuk klik Suggest URL yang ada di bagian kanan atas. Namun yang perlu kita lakukan adalah memilih kategori di bawahnya sesuai tema blog kita.

  2. Setelah memilih kategori, kita akan masuk pada sub kategori pertama.
    Inilah sub kategori pertama dari kategori utama Business (dalam hal ini aku memilih Business sebagai tema utama, silakan sesuaikan dengan tema utama blog kamu). Dari sini kita masih harus memilih submenu lagi.

  3. Selanjutnya kita akan memilih sub kategori kedua
    Ini adalah tampilan sub kategori kedua. Pada contoh ini aku memilih sub kategori pertama sebagai Employment. Pada tahap ini, kita harus memilih sekali lagi sub kategori

  4. Setelah 2 kali memilih sub kategori, inilah sub kategori terakhir. Cirinya, di pojok kanan atas udah muncul tulisan Suggest URL. Sebenarnya di sini kita masih bisa pilih subkategori lagi, tapi menurutku tidaklah perlu karena ntar malah kelamaan, jadi setelah muncul Suggest URL di pojok kanan atas itu, langsung aja di klik Suggest URL nya.
    Suggest URL di tandai dan dilingkari dengan anak panah merah.

  5. Setelah Suggest URL di klik, maka akan muncul form submit untuk blog, nah silakan diisi semuanya sesuai blog kamu. Mulai dari Site URL, Title Of Site, Site Description, Email, Captcha. Dan yang terakhir setelah semua form terisi, jangan lupa klik Submit.

Nah, mudah sekali kan cara mensubmit blog ke DMOZ. Tak ada yang sulit selama kita berani mencoba :) Happy blogging.