Sabtu, 10 Agustus 2013

Tips Menghindari Lonjakan Berat Badan Saat Lebaran

loading...
Saat berlebaran seperti ini bisa dipastikan kita seperti orang kesetanan, terutama dalam hal makanan :D. Betapa tidak, setelah sebulan penuh berpuasa, lebaran adalah sebuah ajang untuk kita menjadi omnivora sejenak :D Banyak makanan terhidang, baik di rumah sendiri, kakek nenek, saudara dan tetangga, dan semuanya pasti disuguhkan kepada kita. Dan kalian tahu guys, kebanyakan makanan tersebut berbahan santan, pedas,  gorengan, manis-manis dan berkalori tinggi. Kalau kita tak pandai mengatur diri, perbaikan organ tubuh dan organ pencernaan kita selama sebulan dengan berpuasa itu bisa terkacaukan hanya dengan 1 hari lebaran ini.

ilustrasi lonjakan berat badan. Source : www.mnn.com
Pertama kamu bisa perhatikan jam berkunjung. Misal kamu bersilaturahminya pada jam yang emang waktunya untuk makan besar, tak apalah kamu ikut menikmati suguhan makan besar yang diberikan tetangga, teman atau saudara. Namun sebaliknya, jika jamnya tidak pas dengan jam makan besar, lebih baik diurungkan saja ikut menyantap makanannya sampai benar-benar sudah waktunya makan makanan besar. Jadi di sini kita perlu bersabar menunggu waktu yang pas untuk menyantap makanan besar.

Minum air putih yang banyak sebelum menyantap makanan juga sangat bagus untuk tubuh kita. Tak perlu kompromi dengan minum bersoda dan yang manis-manis. Lebih baik dihindari saja. Mendingan mengkonsumsi teh hangat tanpa gula. Dan jangan lupa untuk memakan banyak buah-buahan, karena kaya akan serat yang sangat bagus untuk pencernaan kita. Olahraga juga sangat penting meskipun di hari lebaran, jogging 40 menit sehari udah cukup.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar di saat lebaran, berat badan kita tetap stabil, tidak mengalami kenaikan. Selamat hidup sehat :)
Tips Menghindari Lonjakan Berat Badan Saat Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top