Senin, 02 Juni 2014

Inilah Ide Pembuatan Google Doodle

loading...
Pernahkah kamu melihat wallpaper/logo pencarian google yang berganti menjadi gambar seorang tokoh terkenal? Nah secara singkat, itulah yang dinamakan google doodle. Kalau diartikan pakai google translate, doodle artinya gambar yang tak berarti (nomina), tapi secara verba, doodle artinya menggambar dengan melamun. Lalu apa maksud google membuat doodle? Ternyata maksudnya tak sesederhana seperti yang diartikan dari google translate tadi.

Doodles adalah suatu hal yang menyenangkan, mengejutkan, dan kadang-kadang spontan. Kejutan spontan yang menyenangkan itu berupa perubahan yang dibuat untuk logo pada halaman pencarian Google untuk merayakan liburan, peringatan, dan kehidupan seniman terkenal, pelopor, dan ilmuwan.

Bagaimana ide untuk doodle berasal?

Konsep doodle itu lahir ketika pendiri Google Larry dan Sergey bermain dengan logo perusahaan untuk menunjukkan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun Nevada.
Mereka menempatkan tongkat menggambar di belakang 2 "o" dalam kata, Google, dan logo revisi itu dimaksudkan sebagai pesan lucu untuk pengguna Google bahwa pendiri telah "keluar dari kantor".
Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2000, Larry dan Sergey meminta pada webmaster yang sedang magang, Dennis Hwang, untuk menghasilkan doodle untuk Bastille Day. Permintaan itu diterima dengan baik oleh pengguna google, karenanya, Dennis pun diangkat menjadi kepala doodler (pembuat doodles) Google dan corat-coret mulai muncul lebih banyak dan lebih teratur pada homepage Google.
Baca Juga : Honinbo Shusaku Jadi Google Doodle Hari Ini!


Pada awalnya, sebagian besar corat-coret (doodle) menggambarkan perayaan hari libur. Namun
saat ini, mereka juga menyoroti beragam peristiwa dan peringatan dari Ulang Tahun John James Audubon ke Ice Cream Sundae.
Seiring waktu, permintaan untuk corat-coret telah meningkat di AS dan internasional. Membuat doodle sekarang menjadi tanggung jawab tim illlustrators berbakat (kita sebut mereka doodlers) dan insinyur. Bagi mereka, membuat corat-coret telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda Google dan membawa senyum ke wajah pengguna Google di seluruh dunia.
Berapa banyak doodle Google telah dilakukan selama bertahun-tahun?Tim ini telah menciptakan lebih dari 2000 corat-coret untuk homepage google di seluruh dunia. Sekelompok Googler secara teratur berkumpul untuk melakukan brainstorming dan memutuskan, acara mana yang akan dirayakan dengan doodle. Ide-ide untuk corat-coret berasal dari berbagai sumber termasuk Googler dan pengguna Google. Proses seleksi doodle bertujuan untuk merayakan acara menarik dan peringatan yang mencerminkan kepribadian dan cinta untuk inovasi Google.

Bagaimana cara pengguna Google / publik mengirimkan ide untuk corat-coret?

Tim doodle selalu senang mendengar ide-ide dari pengguna, mereka dapat berpartisipasi melalui email proposals@google.com. Ide-ide yang diterima akan ditampilkan di google doodle berikutnya.
Tim menerima ratusan permintaan setiap hari sehingga mereka tidak bisa menanggapi semuanya. Tapi mereka pasti akan membacanya.
Inilah Ide Pembuatan Google Doodle Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top