Rabu, 20 Agustus 2014

Fakta Unik : Menangis Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

Sebagai manusia, kita pasti pernah menangis, mulai dari kita lahir, menangis adalah suatu pertanda kalau kita dilahirkan secara sehat dan normal. Beranjak balita, menangis adalah suatu kegiatan andalan untuk memperoleh perhatian orang tua. Ketika remaja, terjatuh dari sepeda, menangis adalah pertanda kita minta tolong. Ketika dewasa, baru saja diputus pacar, menangis adalah tanda sakit hati mendalam yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Ketika menangis, kita sering dicap sebagai anak cengeng, anak mama, anak manja dan sebagainya. Dibalik itu semua, ternyata menangis justru memiliki manfaat positif untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan :
  1. Mengendalikan mood. Tangisan seseorang dapat menurunkan tingkat mangan dalam tubuh yang berkaitan dengan mood buruk. Jika tubuh kita mengandung mangan yang terlalu tinggi, akan memicu perasaan seperti cemas, terlalu agresif, emosi buruk, dan berbagai mood buruk (bad mood) lainnya.

    wanita menangis. Dok : www.homeopathyplus.com.au

  2. Meredakan stres. Berdasarkan penelitian para ahli, menyimpulkan bahwa, ketika menangis, air mata akan menghilangkan zat kimia yang terkumpul dalam tubuh seperti endorfin, leucin-enkaphalin, dan prolactin yang bisa memicu stres dan memperburuk mood. Dengan kata lain, jika zat-zat pemicu stres tersebut hilang, maka kita juga akan terbebas dari stres. Baca juga : minuman ini dapat membantu meredakan stres.

  3. Membersihkan mata. Tangisan seseorang dapat mencegah bola mata dari kekeringan. Selain itu, dengan menangis, kemampuan penglihatan kita akan meningkat. Hal ini karena air mata seseorang dapat mencegah dehidrasi pada membran mukus mata.

  4. Melindungi diri dari bakteri. Setiap hari mata kita selalu bertemu dengan bermacam bakteri dari lingkungan, terlebih ketika kita mengendarai sepeda motor tanpa helm dan tanpa kaca mata. Bakteri-bakteri tersebut berdiam diri di sekitar mata. Ketika mata kita terasa gatal, kita sering menguceknya, sehingga mata menjadi berair dan merah. Hal itu bagus, karena air mata yang dikeluarkan akan membantu membunuh bakteri-bakteri pada mata. Kalau anda bisa menangis, akan lebih bagus lagi. Air mata mengandung cairan bernama lysozyme. Menangis selama lima sampai 10 menit bisa membunuh hingga 95% bakteri pada mata.
Demikianlah fakta unik tentang menangis bagi kesehatan. Jika memang lagi bad mood, stres atau ingin membersihkan mata, cobalah menangis. Tapi jangan kenceng-kenceng yak, ntar malah ganggu tetangga lagi ;)