Senin, 31 Agustus 2015

Kenapa Kelelawar Tidur Menggantung? Inilah Alasannya

Seperti kita ketahui, kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Berwarna hitam dengan sayap yang berbeda dengan burung. Kelelawar biasa hidup di dalam gua, atau di dalam pohon yang gelap.

Kelelawar adalah hewan nokturnal, atau hewan yang beraktifitas di malam hari. Yang aneh dari kelelawar, kenapa mereka tidur dengan menggantung tubuhnya ya? Berikut alasannya
Kelelawar tidur menggantung / rspb.org.uk
Kelelawar senang mencari tempat yang lebih tinggi karena agar mudah lepas landas ketika terbang. Kelelawar tidak dapat terbang langsung dari tanah layaknya burung. Ia harus mengumpulkan energi dengan cara tidur terbalik seperti yang mereka lakukan.

Tak hanya itu, posisi tidur bergelantung ini juga bertujuan untuk menghindarkan kelelawar dari pemangsa. Karena mereka tidur di siang hari, mereka harus menghindar dari pemangsa yang aktif di siang hari dengan cara menutup tubuhnya dengan sayap dan tidur bergelantung.

Dengan menggantung di langit-langit gua atau di dalam pohon yang gelap, membuat kelelawar sulit dijangkau oleh hewan lain yang akan memangsanya.

Itulah alasan mengapa kelelawar tidur menggantung. Kamu boleh mencoba tidur menggantung seperti kelelawar asal kakimu kuat dan tahan pusing.