Kamis, 20 Agustus 2015

Stop Hirup Asap Pembakaran Sampah, Berbahaya!

loading...
Membakar sampah sudah menjadi rutinitas warga Indonesia dalam hal bersih-bersih lingkungan. Sampah dibakar dengan tujuan agar tidak berserakan dan terlihat lebih bersih. Tapi sebenarnya malah akan mendatangkan bahaya yang serius.

Sampah terdiri dari bermacam-macam zat kimia, terutama plastik. Karena zat kimia tersebut bercampur menjadi satu dan kemudian dibakar, maka zat berbahaya tersebut akan menjadi satu dalam udara. Hal inilah yang sangat membahayakan jika dihirup.
Pembakaran sampah itu berbahaya / crooks12.wikis.birmingham.k12.mi.us
Inilah tujuh bahaya yang ditimbulkan jika kamu menghirup asap pembakaran :
  1. Dioxin

    Bahaya yang ditimbulkan jika kamu menghirup udara pembakaran adalah masalah Dioxin. Jika dihirup akan menyebabkan masalah reproduksi, masalah hormon, sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan kanker.
  2. Particle Pollution

    Particle Pollution sangat berbahaya karena dapat menyebabkan asma, bronkitis, dan dapat membuat detak jantung tak beraturan sehingga dapat menyebabkan serangan jantung.
  3. Polycyclic Aromatic Hydrocarbons

    Zat yang biasa disebut dengan PAH ini sangat berbahaya karena bersifat carcinogenic atau menyebabkan kanker.
  4. Volatile Organic Compound

    Bahan ini jika dihirup akan menimbulkan banyak masalah, antara lain gangguan pada sistem pernapasan, jantung, iritasi mata, hidung, tenggorokan, sakit kepala, mual, sampai merusak kinerja hati, ginjal, dan sistem syaraf pusat.
  5. Karbon Monoksida

    Karbon monoksida juga terdapat dalam asap pembakaran, zat ini dapat menyebabkan seseorang sakit kepala, rasa mudah lelah, hingga mual dan muntah.
  6. Hexachlorobenzene

    Zat yang biasa disebut dengan HCB ini jika dihirup dapat menyebabkan kanker, iritasi kulit, mudah lelah, hingga kerusakan hati dan ginjal.
  7. Abu

    Jangan anggap remeh benda halus berwarna abu-abu hasil pembakaran ini ya, karena abu jika dihisap dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah kardiovaskular, kerusakan ginjal, serta kerusakan otak. Hal ini karena di dalam abu terdapat senyawa seperti mercury, lead, chromium, dan arsenic.
Nah, jangan lupa tutup hidung jika melewati pembakaran sampah ya. Dan jika terpaksa membakar sampah, lakukanlah di area yang jauh dari pemukiman penduduk.
Stop Hirup Asap Pembakaran Sampah, Berbahaya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top