Jumat, 15 Januari 2016

Apakah Perempuan Boleh Sholat tanpa Mukena?

Sholat merupakan ibadah seorang manusia langsung dengan Sang Pencipta, yaitu Allah Ta'ala. Dalam melakukan sholat, tentu saja ada adab dan tata caranya. Sebelum sholat pun, kita diwajibkan membersihkan najis dengan berwudhu.

Kemudian ketika sholat, kita diwajibkan melakukan beberapa hal, salah satunya adalah menutup aurat. Aurat lelaki yaitu dari pusar sampai lutut, sedangkan aurat perempuan yaitu dari ujung kaki sampai ujung kepala kecuali wajah dan telapak tangan.
muslimah sholat / islam.ru
Ketika sholat, haruslah aurat ditutup. Oleh karena itu, bagi perempuan yang sholat diharuskan mengenakan mukena untuk menutup aurat.

Kini, kita mengenal adanya hijab syar'i. Yaitu hijab dengan menutup seluruh aurat, tapi boleh dengan model pakaian apapun asalkan sesuai syariat. Tapi, ketika perempuan sholat dengan mengenakan pakaian syar'i saja tanpa mengenakan mukena apakah boleh?

Mengenai hal ini, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Allah tidak menerima sholat wanita yang telah baligh, kecuali dengan memakai khimar (kerudung)." (HR. Ahmad 25167, Abu Daud 641, Ibnu Khuzaimah no. 775 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Melihat dari sabda tersebut dapat disimpulkan bahwa perempuan diperbolehkan tidak mengenakan mukena ketika sholat, asalkan ia mengenakan pakaian syar'i yang sah jika digunakan untuk sholat.
Apakah Perempuan Boleh Sholat tanpa Mukena? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top