Senin, 22 Februari 2016

Awas! Jangan Lakukan ini setelah Berjanji dengan Orang Lain

loading...
Memang kita tidak bisa terlepas dari janji. Dan janji itu bagaikan hutang, harus ditepati. Karena janji melibatkan sedikitnya dua belah pihak, sehingga jika tidak ditepati, tentu saja salah satu pihak akan kecewa dan mungkin saja marah padamu.

Sebelum membuat janji, pastikan dulu jadwalmu dan kamu yakin kamu bisa hadir, kecuali jika ada hal yang benar-benar mendesak dan tidak bisa ditinggalkan. Setelah melakukan janji, jangan sampai kamu melakukan hal-hal terlarang. Apa saja itu?
Janji harus ditepati / Gambar via marcandangel.com
Inilah hal yang jangan dilakukan setelah berjanji dengan orang lain :
  1. Merubah Waktu atau Tempat setelah Lewat Jam Tidur

    Jadi ceritanya kamu sudah janjian sama orang lain. Tapi, kamu belum beri kepastian dimana atau sudah ada kepastian cuma kamu ingin pindah waktu dan tempat. Sebaiknya segera sebelum jam tidur, karena kalau sudah lewat jam tidur, pasti ketika pagi hari ia sudah siap menepati janji denganmu dan lupa buka handphone, ternyata pada jam 3 pagi ada pesan darimu bahwa kamu rubah janjiannya.
  2. Merubah Waktu atau Tempat secara Sepihak

    Pikirkan lagi bahwa orang lain juga punya jadwal sendiri-sendiri. Kamu tidak bisa memaksakan mereka mengikuti jadwalmu. Janjian harus disepakati antara kedua belah pihak dan keduanya dalam waktu yang sama-sama senggang. Kecuali jika kamu sudah jadi pemimpin, kamu bisa tentukan janjian sesuai waktu luangmu dan bawahanmu tinggal mengikutinya.
  3. Membatalkan Janji secara Sepihak

    Namanya janji itu harus ditepati, tapi jika akan dibatalkan sebaiknya katakan pada orang yang bersangkutan di awal-awal. Jangan katakan beberapa saat ketika akan janjian. Misalnya kamu janjian dengan teman ketemu di cafe jam 8 malam. Jam 7 kamu sudah berangkat dari rumah.

    Sampai di cafe, ternyata temanmu belum datang. Kamu tunggu, akhirnya jam 9 ada kabar dari dia kalau dia membatalkan janjiannya denganmu. Bagaimana perasaanmu?
Sebaiknya sebelum membuat janji, pikirkan dengan betul apakah saat itu kamu sedang ada waktu luang. Dan prioritaskan hal yang penting atau janjian yang pertama kali dilakukan. Sehingga tidak terjadi hal semacam itu, karena berbahaya jika orang sudah ingkar janji. Apalagi jika kamu janji dengan dosen, manajer, atau petinggi lainnya, kamu bisa di blacklist.
Awas! Jangan Lakukan ini setelah Berjanji dengan Orang Lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top