Sabtu, 19 Maret 2016

Inilah Hukumnya Wudhu sambil Berbicara

loading...
Berwudhu merupakan suatu kewajiban sebelum melakukan ibadah, seperti ibadah sholat, mengaji, thawaf, dan ibadah lainnya. Juga ketika hendak masuk tempat suci, seperti masjid, kita diharuskan juga berwudhu.

Wudhu tujuannya adalah untuk membersihkan najis kecil. Dengan berwudhu, kita dapat membersihkan badan kia ketika akan menghadap kepada Allah Ta'ala.
Berwudhu / Gambar via prayerinislam.com
Namun dalam berwudhu, timbul pertanyaan apakah ketika wudhu kita boleh berbicara?

Di dalam berwudhu, kita tidak diperbolehkan untuk berbicara. Karena ketika berbicara, kita tidak bisa berkonsentrasi ketika wudhu sehingga dapat menyebabkan ada bagian-bagian tubuh yang tidak terbasuh air wudhu.

Karena wudhu tak sempurna, ibadah pun menjadi tak sempurna juga. Sayang sekali bukan? Hanya karena wudhu sambil berbicara dan ada bagian yang tidak terbasuh, maka ibadah menjadi tidak sah.

Tapi ada pengecualian terhadap berbicara saat wudhu ini. Dimana kita diperbolehkan berbicara ketika keadaan mendesak. Misalnya, ada seorang tuna netra yang akan terjatuh, tapi saat itu kita sedang berwudhu. Jika tidak diberitahu, ia akan terjatuh. Maka dari itu, meski sedang berwudhu, diperbolehkan untuk memperingatkannya.

Itulah hukum wudhu sambil berbicara. Sebaiknya kita tidak melakukannya agar wudhu kita benar dan sah.
Inilah Hukumnya Wudhu sambil Berbicara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top