Jumat, 29 April 2016

Hati-Hati! Barengi Gerakan Sholat Imam, Berbahaya Bagi Makmum

loading...
Kita sudah tahu bahwa sholat berjamaah lebih baik daripada sholat sendiri-sendiri. Orang yang melakukan sholat berjamaah juga dijanjikan mendapatkan pahala 27 derajat. Tentunya hal ini bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk sholat berjamaah.

Di dalam sholat berjamaah, ada tata tertib dan syarat yang harus dilaksanakan. Jika tidak, bisa saja sholat yang telah kita lakukan ini tidak ada artinya atau bahkan tidak sah.
Sholat berjama'ah / Gambar via japantimes.co.jp
Dalam sholat berjamaah, pasti ada seorang imam dan beberapa makmum. Dimana imam adalah pemimpin dalam sholat tersebut, sedangkan makmum di belakang atau di samping mengikutinya.

Seperti halnya pemimpin, apa yang dilakukan imam harus diikuti oleh makmum. Namun, makmum tak boleh membarengi gerakan imam, apalagi mendahului imam.

Membarengi gerakan imam sangat fatal akibatnya. Hal ini juga termaktub dalam sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti. Jika imam telah ruku' maka ruku'-lah kalian dan jika imam bangkit maka bangkitlah kalian." (HR. Al Bukhari)

Meskipun kita sudah hafal gerakan sholat, kita harus bisa memposisikan diri kita. Ketika kita jadi imam, maka bertindaklah sebagai imam. Dan ketika kita menjadi makmum, maka jadilah makmum yang baik dengan tidak mendahului atau membarengi gerakan imam, tapi dengan mengiringi gerakan imam.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai sholat kita yang masih belum sempurna.
Hati-Hati! Barengi Gerakan Sholat Imam, Berbahaya Bagi Makmum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top