Kamis, 21 April 2016

Hati-Hati! Dosa ini tak Terasa tapi sering Kita Lakukan!

loading...
Di dalam hidup ini ada hal-hal yang baik dan salah. Sebagai orang Islam, tentunya kita tahu bahwa hal yang salah itu akan mendatangkan dosa, sekecil apapun itu. Bahayanya, dosa dapat terjadi bahkan tanpa kita sadari sekalipun.

Menurut kita, kita telah melakukan hal yang benar, namun ternyata itu salah dan mengakibatkan kita berdosa. Hal itu ialah riya atau sombong.
Sholat ketika dilihat adalah salah satu bentuk riya / Gambar via en.wikipedia.org
Misalnya saja, seseorang sholat tujuannya bukan untuk menghadap dan mengharap ridha Allah Ta'ala, tapi untuk pamer kepada orang lain agar dinilai sebagai orang yang taat beribadah. Ini salah satu wujud riya.

Padahal, Allah Ta'ala dan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sangat tidak menyukai perbuatan riya. Dalam surat Al Ma'un ayat 4-7, Allah Ta'ala berfirman, "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya. Orang-orang yang berbuat riya. Dan enggan (menolong dengan) barang berguna."

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa berbuat riya maka Allah Ta'ala menjelek-jelekkannya, dan barangsiapa berbuat sum'ah maka Allah Ta'ala membeberkan sum'ahnya (kepada manusia)." (Muttafaq alaih)

Inilah bentuk-bentuk riya yang tanpa kita sadari kita lakukan :

  1. Seorang hamba meningkatkan ketaatannya ketika dipuji, dan tidak taat ketika tidak ada yang memuji / ia dicela.
  2. Rajin ibadah ketika bersama manusia dan malas beribadah ketika sendirian.
  3. Bersedekah jika dilihat manusia dan tidak bersedekah jika tidak ada orang lain yang melihat.
  4. Seseorang mengatakan kebaikan atau mengerjakan kebaikan, namun ia tidak menginginkannya untuk Allah Ta'ala semata, dan menginginkannya untuk menusia di samping Allah Ta'ala, atau tidak menginginkan-Nya sama sekali, dan menginginkannya untuk manusia semata.
Itulah bentuk riya yang tanpa kita sadari sering melakukannya. Oleh karena itu, bertakwalah kepada Allah Ta'ala. Mohon ampun kepada Allah Ta'ala agar terhindar dari sifat riya. Ingat, Allah Ta'ala selalu mengawasi kita meski kita tidak melihat-Nya.
Hati-Hati! Dosa ini tak Terasa tapi sering Kita Lakukan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top