Kamis, 28 April 2016

Inilah Alasan Kebiasaan Menggerakkan Kaki Sulit Dihilangkan

loading...
Kamu pasti punya teman yang sering menggerakkan kakinya. Atau kamu sendiri punya kebiasaan seperti itu? Menggerakkan kaki ini bukan karena gemetaran, grogi, atau mendengarkan musik. Tapi ini terjadi sangat sering dan tanpa sadar.

Kadang menggerakkan kaki saat duduk, kadang saat berdiri, atau kedua aktivitas itu. Hal ini mungkin bagi yang melakukan biasa saja dan malah merasa nyaman, tapi bagi orang di sekitar akan merasa terganggu, apalagi ketika dilakukan dengan duduk.
Restless Legs Syndrome / Gambar via healthtopia.net
Kebiasaan menggerakkan kaki ini bisa disebut dengan gejala sindrom kaki gelisah (Restless Legs Syndrome atau RLS), tapi masih dalam tahap ringan. Namun, ketika menggerakkan kaki masih bisa berhenti saat ditegur, maka ini bukan termasuk RLS.

Penyebab RLS belum diketahui secara pasti, tapi muncul asumsi bahwa RLS diduga karena gangguan sistem syaraf yang menyebabkan dorongan untuk terus menggerakkan kedua kaki. 

Penyebab lain bisa jadi karena adanya penyakit kronis seperti diabetes, penyakit parkinson, juga penderita defisiensi zat besi. Bisa juga karena mengkonsumsi obat seperti obat anti depresi, anti kejang, alergi. Selain itu juga dapat terjadi karena gangguan kehamilan dan gangguan tidur.

Untuk dapat menghentikannya bisa dilakukan dengan memijat tungkai, mandi air hangat di malam hari, kompres hangat atau dingin pada otot tungkai, latihan relaksasi, banyak berjalanan atau peregangan tiap pagi, juga lakukan aktivitas untuk mengalihkan.

Tapi jika dirasa semakin parah dan mengkhawatirkan, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter. Sebenarnya kebiasaan ini bisa dihentikan, asal ada kemauan dan usaha dari dalam diri sendiri. Selamat mencoba!
Inilah Alasan Kebiasaan Menggerakkan Kaki Sulit Dihilangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top