Senin, 04 April 2016

Inilah Dampak Baik dan Buruk yang Ditimbulkan Teknologi Nuklir

loading...
Pasti kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya nuklir. Di film-film pun sudah sering disebut, bahkan di film kartun juga sering menyebut nama nuklir.

Nuklir merupakan teknologi yang melibatkan inti atom. Teknologi ini bisa digunakan di beberapa hal, baik yang kecil seperti detektor maupun yang besar seperti reaktor nuklir. Tapi sebenarnya, apakah dampak jika nuklir digunakan?
Energi Nuklir / Gambar via nationaldefensemagazine.org
Inilah dampak baik yang ditimbulkan teknologi nuklir :
  1. Mengurangi Kadar CO2 di Udara

    Masalah global warming yang sedang dialami seluruh penduduk di penjuru dunia ini bisa diatasi dengan nuklir. Karena, nuklir dapat mengurangi kadar CO2 atau karbondioksida yang berlebihan di udara.
  2. Teknologi paling Baru dan Bisa Dikembangkan

    Kenapa nuklir tidak dikembangkan? Ya karena manusia takut jika terjadi kesalahan ketika memperbaiki. Padahal, kecelakaan yang disebabkan oleh nuklir terjadi karena reaktor tersebut sudah usang dan tidak pernah diperbarui.
  3. Mengurangi Angka Kematian

    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA pada tahun 2013 menyebutkan bahwa nuklir telah menyelamatkan lingkungan. Hal ini terbukti karena nuklir mampu mengatasi 1,8 juta kepunahan ekosistem dari tahun 1976 sampai 2009.
Inilah dampak buruk yang ditimbulkan teknologi nuklir :
  1.  Pengalihan menjadi Senjata

    Terlepas dari dampak baik sebelumnya, nuklir memiliki dampak buruk yaitu digunakan sebagai senjata. Data mencatat bahwa sudah ada 40 negara yang memiliki senjata nuklir. Bayangkan saja bagaimana hebohnya jika senjata ini digunakan.
  2. Kecelakaan dan Bencana Alam

    Ingat kejadian Kyshtym di Rusia (1957), Chernobyl di Ukraina (1986), dan Fukushima di Jepang (2011)? Hal itu semua terjadi karena kecelakaan terhadap reaktor nuklir. Baik karena limbahnya maupun kandungan radioaktif di lingkungan sekitarnya.
  3. Dampak Limbah dan Polusinya

    Nuklir bisa menjadi barang berbahaya jika jatuh ke tangan orang yang salah. Karena nuklir dapat menghasilkan radioaktif dan elemen/zat beracun ekstrim seperti Plutonium.
Itulah dampak baik dan buruk dari penggunaan nuklir. Jadi, nuklir dapat menjadi energi yang baik jika digunakan dengan benar, dan sebaliknya dapat menjadi energi buruk jika tidak digunakan secara tepat.
Inilah Dampak Baik dan Buruk yang Ditimbulkan Teknologi Nuklir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top