Jumat, 22 April 2016

Inilah Penyebab Air Laut Rasanya Asin

loading...
Sebesar dua per tiga bagian di bumi ini adalah perairan, yang mana sebagian besar berupa laut. Terkadang kita berpikir, mengapa masih ada daerah atau negara yang kekeringan dan kekurangan air, padahal sebagian besar bagian bumi adalah air?

Hal itu karena air tersebut adalah air laut, tidak dapat dikonsumsi langsung karena terasa asin. Meski sekarang sudah ada percobaan mengenai penetralan air laut agar tidak asin dan bisa dikonsumsi, namun belum digunakan secara menyeluruh.

Dan pertanyaan lain yang timbul adalah, mengapa air laut rasanya asin?

Laut / Gambar via beautiful-images.org
Batu di daratan menyebabkan rasa air laut asin. Hal ini karena hujan yang turun di daratan mengandung larutan karbon dioksida dari udara. Karbon dioksida ini menyebabkan terbentuknya asam karbonat yang menjadikan air hujan sedikit asam.

Oleh karena itu, air hujan ini mengikis batu dan memecahkan batu. Kejadian ini menciptakan ion atau partikel atom bermuatan listrik. Kemudian, ion-ion ini terbawa ke laut melalui sungai.

Ion yang biasanya terkandung dalam air laut adalah klorida dan natrium. Dimana kedua ion ini sebanyak 90 persennya larut ke dalam air dan menyebabkan air laut terasa asin.

Itulah penyebab mengapa air laut terasa asin.
Inilah Penyebab Air Laut Rasanya Asin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top