Minggu, 03 April 2016

Inilah Tantangan Sulit Mendidik Anak

loading...
Menjadi orang tua bukanlah perkara mudah. Apalagi seiring bertumbuhnya anak, mendidiknya semakin sulit. Ada anak yang mudah dididik dan diberi tahu orang tua, ada pula anak yang tidak patuh pada orang tua. Inilah salah satu yang sulit. Ini bisa terjadi juga karena pergaulan.

Apalagi, zaman sekarang ini anak sudah mendapat pengaruh banyak dari lingkungan luar. Selain dari lingkungan ia tinggal, sekolah, tempat bermain, juga melalui media TV maupun internet.
Mendidik anak di era modern / Gambar via bestwayguides.com
Cara mendidik anak zaman dulu dengan anak zaman sekarang tentu saja berbeda. Bayankan saja, dulu belum ada internet, zaman belum semodern sekarang. Jika orang tua marah pada anak, anak langsung takut dan menurut pada orang tua. Sedangkan sekarang, tak jarang anak malah melawan jika orang tua memarahi.

Apalagi sekarang ini sudah memasuki zaman yang dinamakan zaman cyber. Zaman cyber ini adalah zamannya internet, generasi Z, anak-anak yang lahir pada tahun 1995 ke atas. Rata-rata mereka semua sudah melek teknologi.

Memang melek teknologi itu baik, tapi lebih baik lagi jika manfaatkan dengan lebih baik. Bukan disalahgunakan seperti yang sekarang kita lihat.

Anak-anak zaman ini lebih asosial, mereka bahkan rela lapar demi membeli pulsa untuk gadget. Mereka lebih memilih bermain internet daripada pergi ke tempat berkumpul orang untuk bersosialisasi.

Mereka juga dikenal dengan generasi instan. Apa-apa inginnya cepat jadi, padahal segala hal itu ada prosesnya. Tidak bisa dipaksakan. Mereka juga terkenal tidak sabar dan tergesa-gesa. Maka dari itu, banyak yang ingin instan lulus sekolah dengan membeli gelar.

Techno junkies juga menjadi salah satu cirinya, dimana mereka rela mati-matian demi mendapatkan gadget terbaru. Konsumtif dan mudah dipengaruhi.

Untuk itu, orang tua sangat berperan dalam mendidik anak. Jangan langsung menyerahkan anak pada pesantren atau sekolah asrama, justru orang tualah yang harus mendidik. Orang tua juga harus mengawasi secara langsung perkembangan anak.
Inilah Tantangan Sulit Mendidik Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top