Minggu, 24 April 2016

Nger! Inilah Tembok yang Membelah Bangsa

Ketika mengenyam pendidikan di sekolah, kita pasti pernah diajari pelajaran sejarah, dimana salah satu materinya membahas tentang tembok Berlin. Tembok Berlin adalah tembok pembatas yang terbuat dari beton, yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur lainnya.

Namun sekarang, tidak ada lagi pemisahan antara Jerman Barat dan Jerman Timur. Meski di Jerman sudah tidak ada pemisahan lagi, ironisnya di negara lain masih ada tembok yang membelah bangsa tersebut. Yang malah menjadikan keadaan terlihat tidak harmonis antara dua negara. Dimana saja itu?

Inilah tembok yang membelah bangsa :
  1. Perbatasan Ceuta Melilla

    Perbatasan Ceuta dan Melilla / Gambar via en.wikipedia.org
    Tembok ini memisahkan Ceuta di Spanyol dan Melilla di Maroko. Tembok setinggi enam meter ini memisahkan standar hidup yang berbeda antara Uni Eropa dan Afrika. Ironisnya, warga Afrika rela mempertaruhkan nyawa demi lolos ke Eropa untuk mencari penghidupan yang layak.
  2. Perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko

    Perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko / Gambar via jacobinmag.com
    Amerika Serikat, seperti suatu tempat yang ingin sekali didatangi banyak orang untuk mencari penghidupan yang lebih layak, seperti halnya orang Meksiko. Namun sayangnya, antara Meksiko dan Amerika Serikat terbentang luas tembok pembatas yang dikenal dengan Tortilla Wall. Tembok ini didirikan dengan tujuan menghentikan imigran gelap dan mencegah perdagangan obat-obatan terlarang.
  3. Peru Wall of Shame

    Peru Wall of Shame / Gambar via erdekesvilag.hu
    Seperti namanya, tembok ini membuat malu warganya. Tembok ini dibangun di Peru, yaitu memisahkan antara wilayah San Juan de Miraflores dengan Surco. Tembok ini dianggap memalukan karena memisahkan antara wilayah orang-orang kaya dengan wilayah orang-orang miskin. Karena tembok ini jugalah, bagian wilayah miskin merasa direndahkan.
  4. Peace Line (Belfast Wall)

    Peace Line Belfast / Gambar via richwainwright.com
    Tembok setinggi tujuh meter ini berdiri memisahkan kota Belfast sejak komflik di Irlandia Utara. Tembok ini dibangun pada tahun 1998 dan disebut sebagai Garis Perdamaian. Kini, tembok Belfast malah menjadi objek wisata yang terkenal.
  5. Siprus

    Tembok di Siprus / Gambar via thecypriotpuzzle.org
    Tembok yang berdiri sejak tahun 1974 ini memisahkan antara warga Yunani di selatan dengan warga Turki di Utara. Tembok ini melintasi ibukota Nicosia yang membuat bangsa Siprus sebagai bangsa Eropa terakhir yang terbagi.
Itulah tembok-tembok yang membatasi bangsa. Meskipun sudah merdeka, tetap saja mereka memegang teguh aturan-aturan tembok tersebut.