Senin, 18 April 2016

Tips agar Tenang Meski Emosi Tengah Meluap

loading...
Emosi adalah rasa alamiah yang dimiliki setiap manusia. Emosi datang tergantung pada situasi yang sedang dialami. Ada juga keadaan dimana emosi kita terpancing, sehingga menimbulkan hati kita geram dan ingin marah rasanya.

Emosi tak harus selalu dikeluarkan. Ada baiknya diredam dan tahan emosi. Karena ketika kamu emosi, kamu bisa mengucapkan dan melakukan segala hal kasar yang tak dapat dikontrol. Hal ini berbahaya karena dapat mengancam hubungan baikmu dengan orang-orang terdekatmu. Oleh karena itu, ada baiknya ketika emosi kamu harus tetap tenang dan tidak marah.

Inilah tips agar tenang meski emosi tengah meluap :
  1. Lepaskan Pikiran Negatif yang tidak akan Menolongmu

    Hilangkan pikiran negatif yang mengganggu / Gambar via unleashingwisdom.com
    Hilangkan pikiran yang membuatmu membenci atau ingin marah pada orang lain. Pikiran negatif seperti ini akan membuat produktivitasmu menurun.
  2. Berhenti Sejenak dan Tarik Nafas dalam-dalam

    Tarik nafas dalam-dalam untuk meredakan marah / Gambar via chopra.com
    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengajarkan bahwa ketika marah, hendaknya duduk, jika masih hati tak tenang, maka tidurlah. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa daripada marah-marah dan teriak-teriak tak jelas, lebih baik diam. Tenangkan diri dan hal itu akan membuatmu lebih baik.
  3. Curhat Kepada Orang yang Kamu Percayai

    Curhat kepada sahabat dapat meredakan amarah / Gambar via youqueen.com
    Ketika hatimu tidak tenang dan ingin marah, daripada harus marah-marah, lebih baik kamu curhat kepada orang yang kamu percayai. Meskipun kamu tidak mendapatkan solusi langsung dari teman curhatmu, setidaknya kamu akan lega ketika menceritakannya.
  4. Cobalah untuk Keluar dan Menghabiskan Waktu di Alam

    Habiskan waktu di alam / Gambar via expandtheinstant.com
    Coba ketika marah, kamu keluar ruangan dan menikmati beberapa waktu di alam. Memandangi langit, menghirup udara segar, menatap pepohonan akan membuatmu lebih tenang. Kamu juga bisa lebih rileks lagi sehingga amarahmu tidak jadi keluar.
  5. Bakar Rasa Amarah dengan Berolahraga

    Luapkan amarah dengan olahraga / Gambar via Pinterest Benjamin Huckins
    Daripada kamu marah-marah nggak jelas, lebih baik kamu bakar amarahmu dengan olahraga. Olahraga terbukti dapat membuat rileks pikiran. Dengan olahraga, kamu akan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat dan tentu saja bisa mengontrol berat badanmu.
Daripada kamu marah-marah dan membuat citra dirimu turun, lebih baik kamu lakukan tips diatas untuk meredam amarah. Selamat mencoba!
Tips agar Tenang Meski Emosi Tengah Meluap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top