Selasa, 19 April 2016

Unik! Aplikasi untuk Menentukan Makanan Halal Buatan Anak Indonesia

Penduduk Indonesia datang dari berbagai macam etnis dan budaya, serta agama. Agama di Indonesia ada lima, namun mayoritas adalah agama Islam. Oleh karena itu, makanan di Indonesia pun banyak dijumpai makanan halal. Dan tak sulit mencari makanan halal.

Salah satu hal yang sulit bagi penganut agama Islam ketika bertandang ke luar negeri adalah masalah makanan. Karena di luar negeri, kecuali timur tengah, mayoritas bukan penduduk beragama Islam. Makanan halal pun jarang ditemui. Hal inilah yang membuat anak Indonesia ini menciptakan aplikasi yang dapat menentukan makanan halal atau haram.
Ilustrasi Taiwan Halal / Gambar via halaltrip.com
Mereka adalah Aris Kusumo Diantoro dan Faisal Fahmi. Keduanya adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh program magister di National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan. Sayangnya, aplikasi ini baru diterapkan di Taiwan, yang bertujuan untuk membantu menemukan produk dan pelayanan halal di Taiwan.
Menurut Aris, muslim yang datang ke Taiwan selalu akan bingung karena susah mendapatkan makanan yang halal. Oleh karena itu, aplikasi yang dinamai "Taiwan Halal" ini akan membantu mereka mencari mana saja produk yang halal di Taiwan.
Selain makanan, informasi yang bisa didapatkan dari Taiwan Halal adalah rumah makan dan restoran halal, hotel yang memberikan pelayanan halal, masjid, dan komunitas muslim di Taiwan. Aplikasi berbasis android ini dapat dijalankan melalui telepon seluler maupun komputer.

Waah hebat sekali ya readers!