Selasa, 10 Mei 2016

Awas! Smartphone Bisa Membuatmu Stress! Ini Tanda-Tandanya

loading...
Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini orang tidak bisa terlepas dari smartphone. Memang smartphone selain membantu pekerjaan, juga dapat menghibur penggunanya. Baik melalui chatting, game, atau aplikasi-aplikasi lainnya di smartphone.

Tapi, smartphone juga memiliki efek candu. Orang bisa dengan mudah kecanduan bermain smartphone dan merasa memiliki dunia sendiri di smartphone tersebut. Bukannya menjadi fresh, orang yang sudah kecanduan smartphone bisa menjadi stress. Tak percaya?
Kecanduan gadget / Gambar via weirdcoolgifts.com
Inilah tanda-tanda bahwa kamu stress gara-gara smartphone :
  1. Mengalami Gejala Phantom Cellphone Syndrome

    Sindrom phantom adalah sindrom dimana kamu merasa yakin bahwa handphone mu bergetar, tapi ketika dilihat tidak ada notifikasi sama sekali. Penelitian yang dilakukan di Indiana University berhasil mengungkapkan bahwa 89% mahasiswa pernah mengalami vibrasi palsu dari handphone mereka.
  2. Cuek dengan Orang yang ada di Hadapannya

    Ini yang sering terjadi, misalnya ketika berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Kamu malah asyik sendiri dengan handphone dan tidak menggubris mereka yang berada di sekitarmu. Ini bisa membuat hubunganmu dengan mereka merenggang.

    Oleh karena itu, cobalah untuk sejenak melupakan handphone demi orang-orang terdekatmu. Beruntunglah masih bisa berkumpul dengan mereka.
  3. Merasa ada Kebutuhan untuk Segera Merespon

    Tidak semua notifikasi di smartphone harus segera dibalas. Mungkin itu hanya notifikasi yang tidak penting. Cobalah untuk sejenak melupakan handphone dan berinteraksilah dengan dunia nyata.
  4. Cemas jika Jauh dari Handphone

    Perasaan cemas ketika jauh dari handphone disebut dengan 'nomophobia'. Orang-orang yang menderita nomophobia merasa tidak nyaman jika harus jauh dari handphone dan ia akan sangat cemas meskipun hanya sejenak meninggalkan handphone.
  5. Gelisah karena Sosial Media

    Orang yang gelisah karena sosial media, selalu cek timeline, selalu cek postingan orang lain, selalu cek siapa saja yang komentar atau like foto yang ia posting, dan merasa gelisah jika orang lain mendapat banyak like sedangkan dia tidak, itu bisa disebut dengan gangguan FOMO (fear of missing out).
Jadi, hati-hati ya readers! Jangan sampai smartphone yang tujuan utamanya membantu kamu dalam aktivitas dan tugas sehari-hari malah membuatmu stress gara-gara kamu terlalu jauh kecanduannya.
Awas! Smartphone Bisa Membuatmu Stress! Ini Tanda-Tandanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top