Senin, 30 Mei 2016

Gula, Musuh atau Sahabat Kecantikan?

loading...
Gula adalah salah satu bahan dapur yang sering kita temui. Bahkan dalam sehari kita bisa mengkonsumsi gula bergram-gram. Gula biasanya digunakan untuk pemanis dalam makanan dan minuman.

Tak hanya, itu ternyata gula juga digunakan dalam produk kecantikan. Beberapa produk kecantikan menggunakan gula sebagai ramuannya. Dan ramuan kecantikan buatan rumah juga banyak menggunakan gula. Namun, tak selalu gula itu baik bagi tubuh, tetapi juga menimbulkan dampak negatif.
Gula untuk kecantikan / Gambar via timestoday.tv
Inilah dampak positif dari penggunaan gula sebagai produk kecantikan :
  1. Lip Balm

    Jika bibirmu kering dan pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan ramuan gula sebagai pelembapnya. Caranya yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok gula dengan minyak zaitun, jojoba, atau wijen. Oleskan pada bibir dan diamkan semalaman.
  2. Eksfoliator Alami

    Gula putih atau gula coklat bisa digunakan sebagai eksfoliator alami karena butirannya yang kasar dapat mengelupas kulit yang mati. Caranya dengan mencampurkan gula dengan minyak zaitun, lemon, ataupun madu.
  3. Scrub anti Selulit

    Kamu dapat mengkombinasikan gula pasir dan kopi bubuk, lalu campurkan pada scrub. Ramuan ini berfungsi untuk menjadikan pori-pori lebih kencang, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan tampilan selulit.
  4. Wax Alami

    Dengan memanaskan lemon dan gula selama 10 detik, lalu diamkan sesaat. Kemudian aplikasikan pada bagian tubuh yang ingin di wax. Tempelkan kain, baru kemudian tarik dengan kuat dalam satu kali sentakan. Wax ini lebih baik dan ramah bagi tubuh.
Inilah dampak negatif dari penggunaan gula sebagai produk kecantikan :
  1. Menjadikan Kulit Kering

    Jika terlalu banyak mengaplikasikan gula pada kulit, itu akan membuat kulit kering. Karena, gula dapat menyerap kelembaban kulit.
  2. Hirsutisme

    Gula menyebabkan tingginya tingkat insulin dalam darah. Oleh karena itu, bisa memicu terjadinya hirsutisme, yaitu tumbuhnya rambut berlebih di area wajah yang disebabkan oleh produksi hormon testosteron yang berlebih pada wanita.
  3. Memperparah Kantung Mata

    Jika kamu tidak ingin memperparah kondisi kantung matamu, kurangilah konsumsi gula. Karena, gula dapat menyebabkan pembengkakan di area sekitar mata.
  4. Penuaan Dini

    Kolagen adalah salah satu zat yang diperlukan tubuh untuk menjaga keremajaan kulit. Tapi jika terlalu banyak konsumsi gula, maka akan menyebabkan kolagen terserap yang akhirnya menyebabkan penuaan dini.
  5. Memicu Jerarwat

    Kadar insulin yang tinggi pada tubuh menyebabkan pori-pori kulit terdapat sebum dan hal ini yang menimbulkan jerawat.
Jadi itulah dampak positif dan negatifnya penggunaan gula untuk kecantikan. Masih mau menggunakan gula untuk kecantikan?
Gula, Musuh atau Sahabat Kecantikan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top