Minggu, 08 Mei 2016

Inilah Arti Angka yang ada di belakang Papan Nama Stasiun

Sekarang ini, orang menjadikan bepergian atau travelling sebagai kebutuhan. Memang orang membutuhkan travelling untuk me-refresh pikiran. Setidaknya, keluar sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Sekarang ini, orang-orang lebih memilih bepergian dengan kereta api daripada dengan bus. Alasannya karena kereta lebih tepat waktu dan lebih bersih, stasiun pun juga direnovasi lebih modern meski tidak meninggalkan otentik bangunan lama.
Stasiun Probolinggo / Gambar via solotravelerblog.com
Ketika di stasiun, pernahkah kamu bertanya mengenai makna angka di belakang papan nama stasiun? Yang biasanya tertulis "MALANG +444 m", "PROBOLINGGO +5m", dan sebagainya.

Itu bukan hanya tulisan biasa yang ditulis loh. Ternyata itu semua ada artinya. Dan tulisan itu sudah ada sejak zaman perkereta apian Belanda.

Angka tersebut menginformasikan tentang ketinggian stasiun tersebut di atas permukaan laut dalam satuan meter. Misalnya, di stasiun Probolinggo +5m. Angka 5 berarti ketinggian stasiun Probolinggo berada 5 meter di atas permukaan laut. Simbol "+" menandakan di atas, sedangkan simbol "-" menandakan di bawah.

Fungsinya adalah untuk menentukan waktu tempuh dan kecepatan kereta dari stasiun satu ke stasiun lainnya. Jika menanjak, maka jarak tempuh akan lebih lama. Selain itu, informasi ini berfungsi bagi masinis dalam membuat grafik perjalanan kereta api.

Itulah arti angka yang ada di belakang papan nama stasiun. Jadi mengerti kan sekarang?