Rabu, 25 Mei 2016

Inilah Tips agar Sholat Bisa Khusyuk dari Imam Ghazali

loading...
Sholat bukan lagi menjadi kewajiban bagi setiap muslim, tapi merupakan kebutuhan. Kebutuhan seorang hamba untuk bertemu dengan Allah Ta'ala, berdo'a, mencurahkan segala kegelisahan hati, dan memohon ampunan.

Melaksanakan sholat tidak hanya bagus secara jasmani, seperti memakai pakaian yang menutu aurat, berwudhu, dan melakukan gerakan sholat, tak hanya itu. Tapi, hati harus tertuju dan fokus hanya pada Allah Ta'ala, dengan kata lain khusyu'.
Sholat khusyu' tidak menghiraukan apapun di sekitarnya / Gambar via pinterest MsJ Amano
Tapi sayangnya, untuk dapat khusyu' itu sulit, ada saja pikiran yang mengganggu, baik dari luar maupun dari dalam diri orang itu sendiri. Oleh karena itu, Imam Ghazali memberikan tips bagi seluruh umat muslim agar dapat melaksanakan sholat dengan khusyu'.

Diawali dengan kehadiran hati dalam sholat. Kehadiran hati merupakan ruhnya sholat. Jika hati masih pada yang lain, segeralah mengosongkan pikiran dan hanya terfokus pada sholat. Mulai dari takbiratul ikram, hati harus dihadirkan. Selanjutnya, kehadiran hati akan bertambah pada seluruh bagian-bagian sholat.

Orang yang lalai dalam sholat kecuali takbiratul ikram, ibaratnya seperti orang yang hidup tapi tidak punya gerak, seperti mayat. Makna batin ini terangkum dalam enam kalimat, yaitu kehadiran hati, tafahhum, takzim, haibah, raja' dan haya'.

Yang pertama adalah kehadiran hati, maksudnya adalah mengosongkan hati dari pikiran yang tidak perlu, hanya fokus pada Allah Ta'ala. Yang kedua adalah tafahhum, yang artinya paham terhadap makna. Kemudian takzim, adalah rasa hormat. Haibah adalah rasa takut yang bersumber dari rasa hormat. Raja' adalah pengharapan, dan yang terakhir adalah haya', yaitu rasa malu.

Dalam hal ini, orang dibagi menjadi tiga tipe. Yang pertama adalah mereka yang lalai mendirikan sholat tapi hatinya tidak hadir sama sekali. Yang kedua adalah orang yang mendirikan sholat dengan hati yang tak pernah lalai. Dan yang ketiga adalah orang lalai yang tidak sholat.

Tentu saja dari ketiga ini yang paling baik adalah orang kedua. Karena ia tidak pernah lalai dalam sholat dan selalu menghadirkan hatinya dalam sholat. Ia tidak mempedulikan apa yang terjadi di sekelilingnya, ia juga menepis seluruh pikiran yang mengganggu. Inilah yang harus kita capai.

Mantapkan hati dan sambutlah sholat dengan senang hati. Luangkan waktu sejenak hanya untuk Allah Ta'ala. Tak usah menghiraukan apa yang terjadi di luar sana. InsyaAllah, sholat kita akan khusyu'.
Inilah Tips agar Sholat Bisa Khusyuk dari Imam Ghazali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top