Sabtu, 28 Mei 2016

Inilah Tips Marangkai Komposisi Foto dengan Segitiga Gestalt

Ketika kamu berfoto, terkadang bentuknya tidak simetris antara kamu dengan orang-orang yang berfoto di sebelahmu. Misalnya saja, foto keluarga yang beranggotakan ayah, ibu, dan satu anaknya. Ayah berada di sisi kiri, ibu berada di sisi kanan, sedangkan sang anak berada di tengah.

Tinggi mereka tentu tidak sama dan terlihat tidak simetris ketika di foto. Sang ayah tingginya sekitar 180 cm, sang ibu tingginya 165 cm, dan sang anak tingginya 130 cm. Komposisi tinggi badan ini memang tidak simetris, tapi ternyata jika ditarik garis dari mata ke mata, maka akan membentuk sudut-sudut segitiga.
Foto membentuk segitiga Gestalt / Gambar via petapixel.com
Sudut inilah yang disebut dengan segitiga Gestalt dalam dunia fotografi. Segitiga Gestalt adalah salah satu psikologi persepsi yang dipopulerkan pada awal abad ke 20. Para pendiri teori Gestalt mempunyai persepsi bahwa otak manusia cenderung menghubungkan atau mengelompokkan apa yang dilihat menjadi satu kesatuan yang utuh. Salah satu prinsip Gestalt adalah 'penutupan bentuk'.

Cara mengasah kemampuan kita melihat segitiga Gestalt dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mencoba merangkai benda-benda di sekitar kita. Misalnya, tiga buah objek, botok kecap, botol saus, dan botol air mineral.

Setelah itu, letakkan ketiga objek tersebut pada posisi membentuk segitiga. Pada sisi depan, serong kiri, dan serong kanan. Setelah diambil fotonya, akan terlihat hubungan imajiner pada ketiga benda tersebut.

Sebenarnya, objek sehari-hari yang tak sengaja kita bentuk bisa langsung terbentuk segitiga imajiner. Misalnya ketika kita melihat jalanan, dengan pandangan kreatif kita bisa melihat adanya hubungan imajiner segitiga Gestalt disana.

Jika kita kreatif dan penalaran yang baik, maka mendapatkan foto yang bersinar dan visioner bukanlah mimpi lagi. Selamat mencoba!