Selasa, 24 Mei 2016

Mau Hutang Lunas? Amalkan Do'a ini!

Di dunia ini, tidak semua keinginan kita terpenuhi, misalnya saja keinginan yang berhubungan dengan finansial. Ketika kita membutuhkan sesuatu, tak jarang kita meminjam uang atau berhutang pada orang lain. Di dalam Islam, hutang itu diperbolehkan, asalkan tidak mengandung riba.

Meskipun diperbolehkan, tetap saja hutang itu menyulitkan. Kita harus menyisihkan pendapatan kita untuk melunasi hutang tersebut. Bersyukur kalau kita bisa melunasinya ketika masih hidup, jika sudah meninggal, itu akan susah.
Hutang / Gambar via thisismoney.co.uk
Hutang itu menyulitkan, ketika hidup di dunia akan menyulitkan kita untuk membayarnya. Kita merasa tidak bebas melakukan apapun dengan harta kita karena hutang. Dan hutang harus segera diselesaikan.

Ketika sudah meninggal dan seseorang masih memiliki hutang, itu juga akan menyulitkannya untuk masuk ke surga. Jiwanya seperti masih menggantung di akhirat sampai hutangnya terlunasi.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal maka ia masuk surga. Tiga hal itu adalah sombong, ghuhul (khianat), dan hutang." (HR. Ibnu Majah)

Maksud dari jiwa masih tergantung adalah, hutang yang tidak dilunasi di dunia tersebut akan dilunasi di akhirat nanti. Caranya dengan membayar kebaikan. Maksudnya,pahala akan dialihkan kepada orang yang memberinya hutang. Jika pahala kebaikannya tidak cukup, maka orang yang berhutang ini akan diseret ke neraka.

Oleh karena itu, sangat penting dan wajib sebagai orang yang memiliki hutang untuk segera melunasinya. Ada amalan do'a yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan dapat diterapkan agar seseorang bisa terbebas dari hutang.

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, serta cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR.Tirmidzi; hasan)

Selain do'a itu, ada juga do'a lainnya yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam untuk dibaca ketika pagi dan petang.






"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat pengecut dan kikir, serta dari beban hutang dan dominasi orang lain." (HR. Abu Dawud)

InsyaAllah, dengan mengamalkan do'a ini, kita dimudahkan oleh Allah Ta'ala untuk dapat segera melunasi hutang dan terhindar dari utang piutang. Aamiin.