Kamis, 05 Mei 2016

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Laundry Hotel Mewah!

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar hotel mewah? Pasti membayangkan sesuatu yang bersih, nyaman, dan jauh dari penyakit. Tampilan hotel mewah memang indah, dekorasi dan perabotannya bak istana. Dan rasanya mustahil kita bisa terkena sakit karenanya.

Tapi ternyata, keindahan dan kenyamanan hotel mewah perlu diragukan kesehatannya. Bukan tak mungkin kamu terkena bibit penyakit karena menginap di hotel mewah. Karena belakangan ditemukan kasus mengerikan dari laundry hotel mewah.
Ilustrasi laundry di hotel / Gambar via it.made-in-china.com
Sebuah laporan investigasi yang dilakukan The Beijing News, melaporkan bahwa mereka berhasil membongkar rahasia praktik laundry hotel mewah. Hotel ini berada di Distrik Fengtai, China. Seorang karyawan mengaku bahwa mereka menggunakan soda api untuk mencuci sprei dan selimut. 

Hal ini dilakukan agar noda dalam sprei dan selimut cepat hilang dan cepat bersih, sehingga mereka tidak perlu waktu lama untuk mencuci. Selain sprei dan selimut, handuk pun dibersihkan dengan soda api. Bahan dengan nama kimia Natrium Hidroksida ini sangat korosif dan jika dipakai dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk pada kulit.

"Kita tidak butuh waktu lama untuk mencuci sprei, soda api bisa membersihkan bagian yang paling kotor sekalipun," kata salah satu karyawan. Menurut dokter dari Rumah Sakit Union, Xiang Yikui, penggunaan bahan tersebut jika mengenai kulit langsung akan menyebabkan gatal dan pada jangka panjang akan menyebabkan masalah serius pada kulit.

Alkali Natrium Hidroksida sering digunakan sebagai bahan pembersih industri yang kuat karena dapat melarutkan lemak, minyak, kotoran dari protein. Tapi, tidak disarankan menggunakannya untuk membersihkan bahan yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Jika kita ingin menginap di hotel, pastikan hotel yang bersih. Lebih baik bawa handuk sendiri dan ketika tidur, gunakan baju yang tertutup misalnya celana dan kaos panjang, sehingga sprei dan selimut tidak bersentuhan langsung dengan kulit.