Selasa, 17 Mei 2016

Tips Mengontrol Nafsu Makan agar Berat Badan tidak Berlebihan

Salah satu masalah ketika orang melakukan diet adalah nafsu makan yang berlebihan. Ketika sudah memutuskan untuk membatasi makan, biasanya orang tidak tahan dengan godaan makanan. Alhasil, mereka akan menoleransi tubuh mereka mengkonsumsi segala makanan dan hasilnya diet menjadi gagal.

Selain itu, orang yang sedang banyak pikiran juga memiliki nafsu makan yang meningkat. Berpikir cenderung menguras tenaga sehingga seringkali orang stress mengeluhkan berat badannya naik karena nafsu makannya juga ikut naik.
Berolahraga dapat mengurangi nafsu makan / Gambar via port.ac.uk
Oleh karena itu, ada satu hal yang membuat kita bisa mengontrol nafsu makan, yaitu dengan berolahraga. Memang sedikit aneh hal ini mengingat olahraga melibatkan aktivitas fisik yang justru akan menguras energi dan membuat orang bertambah nafsu makannya.

Tapi, menurut penelitian dalam jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise menunjukkan bahwa olahraga justri membuat orang menjadi kurang lapar dan tidak terlalu tinggi nafsu makannya. Hal ini disebabkan olahraga membuat perbaikan regulasi hormon yang berhubungan dengan rasa lapar.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 38 mahasiswa, dimana mereka menjalani ujian. Di ujian tersebut, mereka diberi waktu istirahat selama 15 menit. Sebagian mengisi istirahat dengan treadmill. Hasilnya, mereka yang ujian tanpa melakukan olahraga di waktu istirahat makan 100 kalori lebih banyak daripada yang melakukan treadmill.

Ini menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi rasa lapar. Tapi, penelitian bahwa olahraga dapat mengurangi rasa lapar harus dikembangkan lebih lanjut lagi.

Jadi, olahraga itu penting ya guys, terlebih jika kamu ingin diet. Hanya mengurangi porsi makan tak cukup jika kita tidak mengimbanginya dengan olahraga.