Rabu, 11 Mei 2016

Unik! Si Penyelamat Jutaan Nyawa, LifeStraw

loading...
Air adalah satu unsur kebutuhan makhluk hidup yang tidak bisa ditinggalkan. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat hidup, terutama manusia yang harus mengkonsumsi air bersih minimal delapan gelas per hari.

Namun masalahnya, meski air di dunia ini lebih banyak daripada daratan, tapi tak semua air itu adalah air bersih yang layak dikonsumsi. Inilah yang menjadi masalah.
LifeStraw / Gambar via blog.thesurvivaloutpost.com
Misalnya, ketika kita sedang bepergian dan perbekalan sudah habis, sedangkan kita berada di tempat yang tidak terdapat rumah, toko, atau apapun yang dapat menolong kita mendapatkan air bersih untuk minum.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kini ada penemuan baru bernama LifeStraw, yaitu alat penyaring yang dapat menyelamatkan jutaan nyawa. Alat yang memiliki panjang 22 cm ini berbentuk jerami dan berfungsi sebagai alat untuk minum langsung dari tempat air yang tidak bersih. Misalnya kolam, danau, atau perairan keruh lainnya. LifeStraw tidak mengandung bahan kimia apapun.

Tujuan awal dibuatnya LifeStraw adalah untuk mengurangi kematian di negara-negara berkembang akibat konsumsi air kotor. Bahkan, di seluruh dunia diperkirakan terdapat 884 juta yang tidak memiliki air bersih dan satu anak meninggal setiap 15 detik.

LifeStraw mampu menghilangkan 99,9999 persen bakteri dan banyak parasit lainnya yang ada di air kotor tersebut, termasuk E-colli, campylobacter, vibrio cholerae, pseudomonas aeruginosa, shigella dan salmonella.

Alat hebat ini beratnya hanya 2 ons dan harganya pun relatif murah, yaitu USD 20. Daya filternya mampu menyaring 1.000 liter air yang terkontaminasi, cukup untuk menyaring air selama satu tahun.

Kamu yang sering bepergian, mendaki gunung, bakcpacking, dan hal lainnya di luar ruangan, sangat cocok menggunakan LifeStraw ini. Bagaimana, menarik bukan?
Unik! Si Penyelamat Jutaan Nyawa, LifeStraw Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top