Minggu, 15 Mei 2016

Unik! Tanaman ini Memiliki Telinga, Apa yang Didengar ya?

loading...
Makhluk hidup di dunia ini memiliki ciri fisik yang berbeda antara satu dengan yang lain. Antara manusia, hewan, dan tumbuhan tidak sama. Mereka memiliki ciri fisik tersendiri yang membedakan dan menjadi ciri khasnya.

Seperti misalnya, manusia dan hewan memiliki kaki untuk berjalan, namun tidak bagi tumbuhan. Mereka tidak memiliki kaki karena pergerakan mereka bukan dengan berjalan. Tapi, ada satu penelitian unik yang dilakukan untuk membuktikan bahwa tanaman juga memiliki indera pendengaran layaknya manusia dan hewan!
Monica Gagliano / Gambar via uwa.edu.au
Penelitian yang dipimpin oleh Monica Gagliano dari University of Western Australia, melakukan penelitian pada cabai. Mereka menempatkan benih cabai pada delapan cawan petri dan ditempatkan melingkar di sekitar tanaman adas manis.

Hal ini diakrenakan adas manis merupakan tanaman yang melepaskan zat kimia ke tanah dan udara dan berfungsi menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitarnya.

Hasilnya adalah biji cabai yang berdampingan dengan adas berkecambah lebih lambat tumbuh dibanding dengan yang lainnya. Ketika adas ditempatkan di ruangan yang tertutup kotak, biji cabai dapat tumbuh dengan cepat.

Kemudian Gagliano mengulangi percobaannya dan hasilnya sama. Biji cabai merespon sinyal dari berbagai macam sumber. Gagliano percaya bahwa sinyal ini membuat biji cabai mengantisipasi datangnya bahan kimia yang memperlambat pertumbuhan mereka.

Penelitian Gagliano menuai banyak komentar dari ilmuwan lainnya. Misalnya saja Richard Karban dari University of California, Davis, Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa penelitian Gagliano layak didalami karena menurutnya pula tanaman memiliki cara berkomunikasi tersendiri.

Hmm, menarik ya readers? Jadi intinya, makhluk hidup itu juga melakuan komunikasi, bergerak, memiliki indera, namun mereka bekerja sesuai dengan porsi mereka dan tidak sama antara satu dengan yang lainnya.
Unik! Tanaman ini Memiliki Telinga, Apa yang Didengar ya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top