Kamis, 30 Juni 2016

Awas! Hal Sepele ini Buat Kamu jadi Tuli!

Tuli atau tunarungu merupakan kelainan pada telinga, dimana telinga tidak dapat mendengar dengan jelas atau bahkan sama sekali tidak dapat mendengar. Hal ini bisa dikarenakan faktor usia, yang kebanyakan orang yang telah berusia lanjut mengalaminya. Bisa juga karena kelainan pada telinga sejak lahir.

Memang ada alat untuk para penderita tunarungu agar dapat mendengar. Tapi lebih baik tidak menggunakan dan telinga tetap sehat bukan? Karena itulah, kamu harus menghindari hal-hal yang dapat menjadikan kamu tuli.

Inilah hal sepele yang buat kamu jadi tuli :
  1. Penumpukan Kotoran Telinga

    Memang kita tidak dianjurkan membersihkan telinga secara sering, karena dapat membuat telinga iritasi. Apalagi jika menggunakan cotton bud untuk membersihkannya, karena akan menyebabkan kotoran terdorong ke dalam.
    Membersihkan kotoran telinga dengan pembersih yang aman untuk telinga / Gambar via share.upmc.com
    Oleh sebab itu, lakukan pembersihan telinga, namun jangan terlalu sering. Gunakan alat untuk membersihkan telinga yang aman. Terlalu sering membersihkan telinga itu tidak baik, tapi penumpukan kotoran telinga juga tidak baik. Hal ini akan menyebabkan gangguan pendengaran parsial.
  2. Gangguan Tidur

    Gangguan tidur / Gambar via westmetrodental.com
    Gangguan tidur atau biasa disebut sleep apnea jangan disepelekan. Jika hal ini sering terjadi, maka akan memberi efek samping pada pasokan pembuluh darah ke koklea (bagian dalam telinga) dan dapat menyebabkan peradangan pada telinga.
  3. Peralatan Kerja

    Peralatan kerja dapat menyebabkan gangguan telinga / Gambar via moneymagpie.com
    Bagi kamu yang menggunakan peralatan kerja dengan suara bising, seperti bor, gergaji listrik, dan peralatan lain yang menimbulkan kebisingan, hal ini dapat memicu gangguan pendengaran. Apalagi jika terjadi secara terus-menerus. Jika terpaksa harus mendengarnya setiap hari, gunakanlah penutup telinga agar suara dapat teredam.
  4. Pemakaian Headphone

    Pemakaian headphone terlalu keras merusak telinga / Gambar via audioholics.com
    Jika kamu suka menggunakan headphone, gunakanlah tak lebih dari 1 jam dengan volume hanya 60%. Jika melebihi dari itu, maka kamu akan berpotensi mengalami tuli. Bahkan tuli yang diakibatkan dapat bersifat permanen.
  5. Merokok

    Merokok dapat sebabkan tuli / Gambar via foodtofitness.com
    Merokok menghasilkan segudang keburukan bagi tubuh. Selain merusak organ tubuh, rokok juga dapat menyebabkan tuli. Hal ini dikarenakan zat kimia di dalam rokok dapat mengganggu kesehatan pembuluh darah dalam sistem pendengaran.
Jadi tahu kan hal-hal sepele yang sering terjadi di sekitar kita, bahkan kita mengalami sendiri dan hal itu menyebabkan tuli!
Awas! Hal Sepele ini Buat Kamu jadi Tuli! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top