Sabtu, 25 Juni 2016

Awas! Orang Asing malah Lebih Jago Main Gamelan dari Orang Indonesia!

Pengaruh globalisasi membuat jarak lintas budaya semakin tak ada batasnya. Dengan mudahnya budaya luar masuk ke Indonesia, dan sebaliknya budaya Indonesia juga dengan mudahnya merambah ke dunia luar.

Hal ini menjadikan siapa saja dapat mempelajari budaya Indonesia. Terlebih, orang-orang dapat mengakses video dengan mudah lewat YouTube atau semacamnya untuk belajar musik tradisi Indonesia.

Sayangnya, orang Indonesia kurang menyadari arti penting dari budaya yang dimiliki. Mereka malah lebih bangga jika dapat mempelajari budaya luar, bukan budaya sendiri. Oleh karena itu, sedikit sekali orang Indonesia yang belajar akan budaya Indonesia, seperti gamelan. Malah di luar negeri sana, ada grup musik gamelan yang lihai dalam memainkan alat musik gamelan.
Space City Gamelan / Gambar via houstonpress.com
Mereka adalah Space City Gamelan, yang berada di Houston, Amerika Serikat. Isinya adalah musisi yang berkolaborasi dalam sebuah orkestra gamelan. Berdirinya Space City Gamelan adalah atas prakarsa dari seorang maestro gamelan asal Jawa, Gatot Winandar.

Gatot Winandar tercatat pernah berkontribusi dalam salah satu album band Free Radicals. Semua alat musik gamelan yang digunakan oleh Space City Gamelan didapatkan langsung dari Jawa.

Menurut para personel Space City Gamelan, musik gamelan menciptakan atmosfer yang kuat. Mereka salut dengan gamelan-gamelan pengiring pertunjukan wayang kulit dan upacara adat yang begitu indahnya. 

Gamelan ala Space City Gamelan berbeda dengan gamelan yang ada di Jawa. Mereka lebih berfokus pada musik sebagai point of interest, jadi bentuk komposisinya lebih dinamis danvmudah dicerna oleh pendengar. Meskipun ada perbedaan dengan gamelan Jawa, tapi mereka tetap mempertahankan keorisinalitasan sound yang mereka hasilkan, sehingga membuatnya menjadi sangat hidup.

Hal ini dapat menjadi hal yang membanggakan bagi kita orang Indonesia, sekaligus sebagai pengingat bagi kita agar mau mempelajari budaya Indonesia. Sehingga, generasi penerus Indonesia tidak hanya tahu akan teknologi dan ilmu pengetahuan, tapi juga pandai akan budaya Indonesia.

Berikut ini adalah video dari Space City Gamelan :

Awas! Orang Asing malah Lebih Jago Main Gamelan dari Orang Indonesia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top