Minggu, 26 Juni 2016

Cara Menanggulangi Anak yang Terlambat Bicara

loading...
Pertumbuhan dan perkembangan pada bayi berbeda-beda. Ada yang mereka dapat jalan dulu baru dapat bicara. Ada yang dapat bicara dulu baru bisa jalan, dan lainnya. Memang hal ini wajar, tapi tak jarang kewajaran ini menjadi kesalahan.

Banyak para ibu yang memiliki anak yang terlambat dalam perkembangannya, salah satunya terlambat bicara. Sebenarnya hal ini bisa dideteksi dan ditanggulangi, sehingga anak tidak terlambat dalam bicara.
Beri stimulasi pada anak / Gambar via child-encyclopedia.com
Menurut dr. Reni Wigati, Sp.A(K), Sekretaris Bidang Ilmiah Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), orang tua dapat memantau perkembangan anak sejak lahir melalui buku kesehatan yang sudah diberikan. Di dalam buku tersebut sudah dijelaskan tentang perkembangan anak, di usia berapa anak sudah bisa apa.

Keterlambatan bicara dapat dimulai karena penyakit autis, gangguan pendengaran, dan yang lainnya. Bisa juga karena kurangnya stimuli yang didapatkan dari anak dari orang tua dan lingkungannya. Oleh sebab itu, dr. Reni menyarankan agar orang tua lebih memperhatikan anak sehingga dapat menanggulangi kemungkinan keterlambatan bicara.

Jika tidak ada riwayat penyakit atau masalah penyakit pada anak, berarti anak kurang diberi stimulasi saja. Jadi, berikan stimulasi pada anak, ajak anak berinteraksi setiap hari.

Jadilah orang tua yang peka pada anak ya!
Cara Menanggulangi Anak yang Terlambat Bicara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top