Senin, 06 Juni 2016

Ingin Puasa jadi Menyehatkan? Ikuti Tips ini!

loading...
Puasa adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan di bulan Ramadhan oleh umat Islam di seluruh dunia. Mulianya bulan Ramadhan tak hanya kita harus berpuasa, tapi juga ibadah lain yang pahalanya dilipat gandakan.

Selain baik dalam segi ibadah, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar puasa menjadi menyehatkan menurut dr. Mohammad Ali Toha, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Paru (RSUP).
Tetap jaga pola hidup ketika puasa / Gambar via contented.cc
Inilah tips agar puasa menjadi menyehatkan :
  1. Tidak Buka Berlebihan

    Jangan langsung kalap ketika berbuka, tetap jaga etika makan dengan tidak berlebihan. Banyak yang justru gula darahnya menjadi naik, kolesterol tinggi, karena tidak mengontrol asupan makanan saat berbuka puasa.
  2. Jangan Batasi Aktivitas

    Ketika puasa memang kita tidak makan dan minum, tapi itu bukan berarti kita harus membatasi aktivitas sehari-hari. Jika itu aktivitas berat seperti angkat beban atau berlarian, mungkin bisa dikurangi. Tapi jangan manjakan tubuh, karena dengan memanjakan tubuh, maka tubuh akan menjadi lemas.
  3. Konsumsi Buah dan Sayur

    Tetap jaga asupan buah dan sayur, karena kedua makanan ini akan menjagamu saat puasa dan mencegah makan berlebih ketika berbuka.
  4. Jaga Kebutuhan Cairan

    Cairan ketika puasa sangat perlu dijaga. Setidaknya harus mengkonsumsi 30 cc/kg berat badan per hari. Konsumsi cairan selama berbuka, saat beraktivitas malam, sebelum tidur, dan ketika sahur.
  5. Makan Sahur

    Memang jika tidak sahur pun dan tetap berpuasa, puasa itu sah-sah saja. Tapi, sebaiknya kita melakukan sahur untuk menjaga fisik selama berpuasa. Mungkin kamu tetap kuat meski tidak sahur, tapi makan sahur sehat yang diperlambat itu baik untuk menjaga kadar gula darah.
  6. Olahraga Sore

    Olahraga memang penting, jangan anggap ketika puasa aktivitas olahraga jadi tidak dilakukan. Justru olahraga tetap dilakukan, tapi jangan terlalu divorsir. Dan lakukan olahraga di sore hari agar kadar gula darah yang turun dapat segera diganti ketika berbuka.
  7. Atur Waktu Tidur

    Kecukupan tidur harus tetap dijaga ketika puasa meskipun banyak aktivitas di malam hari.
  8. Menjaga Semangat Ikhlas

    Jika puasa dilakukan dengan penuh ikhlas, maka kesehatan fisik, jiwa, dan pikiran akan didapatkan dan puasa menjadi berkah.
Jadi, dengan pola hidup yang sehat, puasa yang kita jalani pun akan bermanfaat. Selain mendapatkan manfaat pahala, kita juga akan mendapat manfaat kesehatan dari puasa. Selamat berpuasa!
Ingin Puasa jadi Menyehatkan? Ikuti Tips ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top