Senin, 27 Juni 2016

Inilah yang Harus Dilakukan ketika Imam Batal di tengah Sholat

Sholat berjamaah memang lebih baik daripada sholat sendiri-sendiri atau munfarid. Karena, sholat berjamaah mendapat ganjaran 27 kali lipat daripada sholat sendiri-sendiri. Sholat berjamaah juga menghindarkan kita dari sikap suka menunda-nunda waktu, karena dengan berjamaah pasti sholat kita akan tepat waktu.

Dalam sholat berjamaah, bisa saja terjadi batal karena sebab-sebab tertentu, misal kentut. Dan batalnya sholat ini bisa saja dialami imam maupun makmum. Lantas, bagaimana kalau sang imam yang batal? Bagaimana dengan sholat yang dipimpinnya?
Sholat / Gambar via domain-saver.net
Cara pertama adalah dengan imam membatalkan sholat, lalu keluar dari jamaah dan menunjuka salah seorang jamaah di belakangnya untuk menggantikan posisinya sebagai imam. Kejadian seperti ini pernah dialami oleh Umar bin Khatab Radhiyallahu 'anhu, ketika beliau ditusuk oleh orang Iran, Abu Lukluk al Majusi.

Amr bin Maimun bercerita, "Di pagi peristiwa penusukan itu, aku berdiri (di shaf kedua, pen.), dan tidak ada orang antara aku dengan Umar, selain Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhum. Ketika beliau bertakbir memulai sholat, kemudian saya mendengar beliau mengatakan, 'Ada anjing yang menggigitku,' ketika beliau ditusuk. Lalu Umar menarik Abdurrahman bin Auf untuk maju, dan beliau mengimami para sahabat dengan sholat yang ringan." (HR. Bukhari 3700, dan Ibn Hibban 6917)

Tindakan yang Umar lakukan ini tidak ada seorang sahabat pun yang mengingkarinya, sehingga ini menjadi kesepakatan mereka. Dan karena tak ada pengingkaran, maka status dari hadits ini adalah ijma'.

Cara kedua adalah pendapat dari Imam as-Syafi'i dan Imam Ahmad, yaitu ketika imam membatalkan sholat dan tidak ada makmum yang ditunjuk sebagai pengganti, maka masing-masing makmum kemudian melakukan sholat sendiri.

Hal ini pernah terjadi pada Muawiyah ketika (beliau menjadi imam sholat subuh), beliau ditusuk, lalu para makmum melakukan sholat sendiri-sendiri hingga selesai sholatnya.

Wallahu a'lam bishawab.
Inilah yang Harus Dilakukan ketika Imam Batal di tengah Sholat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top