Sabtu, 04 Juni 2016

Jarang Minum Air Putih tapi Terhindar dari Dehidrasi? Ini Tipsnya!

Dehidrasi adalah masalah yang cukup serius dan dialami kebanyakan orang. Biasanya orang mengalami dehidrasi ringan, dengan tanda-tandan seperti bibir kering dan pecah-pecah, air seni berwarna kuning, sembelit, cepat lapar, sering cemas, dan lainnya.

Itu adalah gejala kecil dari dehidrasi, sedangkan akibat buruk yang timbul karena dehidrasi adalah kematian. Dehidrasi timbul ketika seseorang tidak mengkonsumsi air putih cukup, sehingga tubuh kekurangan cairan. Jika kamu sering lupa untuk minum, ada cara lain yang dapat membuatmu terhidrasi tanpa minum air putih.

Inilah tips agar terhindar dari dehidrasi meskipun jarang minum air putih :
  1. Makan Siang dengan Salad atau Sup

    Soup dan salad untuk maka siang / Gambar via radiosikofci.tk
    Konsumsi salad dan sup sangat baik bagi kesehatan, apalagi dikonsumsi siang hari. Dan bahan dari salad itu terdapat tomat, timun, lettuce, juga labu siam. Dan tentunya jangan tambahkan garam terlalu banyak karena garam dapat membuatmu mengeluarkan cairan lebih cepat.
  2. Meskipun Minum Kopi, Kamu tetap Bisa Menikmati Smoothie

    Smoothie dan kopi sebagai pengganti sarapan / Gambar via beyondgumbo.com
    Minum kopi memang membuatmu sering buang air kecil, tapi di dalam kopi terdapat cairan yang membuatmu terhidrasi lebih lama. Selain itu, minum smoothie sebagai pengganti sarapan juga baik karena dapat menjaga asupan serat dan cairan dalam tubuhmu.
  3. Hindari Makanan Cepat Saji yang Mengandung Banyak Garam dan sedikit Air

    Makanan cepat saji membuatmu cepat dehidrasi / Gambar via healthreportaz.gr
    Kandungan garam dalam makanan dapat membuatmu dehidrasi lebih cepat, oleh karena itu, hindari makanan cepat saji.
  4. Konsumsi Minimal Dua Buah Apel Per Hari

    Konsumsi apel minimal dua buah setiap hari / Gambar via hd-wallpapersdownload.com
    Kadar air dalam buah dapat menyeimbangkan kandungan elektrolit dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah sangat perlu. Minimal dua buah per hari, jika tidak suka apel kamu bisa mengganti dengan buah apapun yang kamu suka.
  5. Kurangi Makanan yang Mengandung Gula dan Konsumsi Serat Lebih Banyak

    Makanan bergula / Gambar via santacruzcore.com
    Kenapa harus banyak serat? Karena serat dapat mengikat air dalam tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengkonsumsi makanan berserat.
Itulah tips agar kamu tidak dehidrasi. Jadi, dehidrasi dapat dicegah tak hanya dengan banyak minum air, tapi juga melalui makanan yang kamu konsumsi.