Rabu, 29 Juni 2016

Tanaman Anda Dirusak? Bergembiralah akan Hal itu!

loading...
Tumbuh-tumbuhan perlu ditanam untuk menjaga keseimbangan alam. Jika tak ada tanaman, maka bumi akan menjadi gersang. Oleh sebab itu, penting bagi kita menanam dan merawat tumbuhan.

Sebagian orang senang melakukan kegiatan tanam-menanam. Tentu kita ingin agar tanaman yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik, berbuah dan berbunga dengan lebat. Namun terkadang, sebelum kita dapat menikmati keindahan bunganya, kerimbuhan pohonnya, ataupun manisnya buah, tanaman tersebut dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Ikhlaskan jika tanaman kita dimakan burung / Gambar via bridbgone.com
Misalnya daunnya dimakan ulat, buahnya dimakan kelelawar, atau dicuri oleh orang yang tak bertanggung jawab. Memang kita kesal dengan hal tersebut, tapi sebaiknya ikhlaskan saja. Malah kita harus bergembira jika hal itu terjadi. Tak sia-sia kita menanam meskipun kita tak menikmati hasilnya.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan (tanaman tersebut) menjadi sedekah baginya." (HR. Imam Bukhari hadits no. 2321)

Maka bergembiralah ketika tanaman dicuri atau dirusak, karena hal itu bernilai sedekah bagi kita. Ikhlaskanlah jika tanaman kita dinikmati oleh makhluk lain.

Allah Maha Adil, tak ada yang sia-sia bagi kita. Semua yang terjadi ada hikmahnya.
Tanaman Anda Dirusak? Bergembiralah akan Hal itu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top