Kamis, 23 Juni 2016

Unik! Cara Turki Dekatkan Masjid Kepada Anak dengan Memberi Fasilitas Bermain untuk Anak di Masjid

Menanamkan nilai-nilai agama kepada anak sangatlah penting, agar anak tau agama sejak dini. Hal inilah yang membuat orang tua sering mengajak anak mereka pergi ke masjid untuk beribadah. Memang tak ada salahnya, tapi sayangnya anak-anak malah kadang tidak bisa tenang sehingga mengganggu berjalannya ibadah di masjid.

Ada yang berlari-lari, ada yang menangis, berteriak, bahkan ada yang pergi ke luar masjid untuk memuaskan keingintahuannya. Inilah yang disayangkan, bermaksud mengajak anak untuk belajar ibadah tapi malah sang anak ribut sendiri hingga mengganggu jamaah yang lain.
Anak-anak bermain di area bermain Masjid Akseki Hamdi Ahmad / Gambar via dailysabah.com
Mungkin inilah yang mendasari salah satu masjid di Turki membuat tempat bermain bagi anak di masjid. Inilah Masjid Akseki Hamdi Ahmed, yang terletak di area Departemen Agama Turki di Ankara. Tempat bermain di area masjid ini sengaja dibuat agar anak-anak memiliki kedekatan dengan masjid. Selain itu, anak-anak akan mendapatkan kesan yang baik bahwa masjid itu menyenangkan.

Jamaah yang mengunjungi Masjid Akseki Hamdi Ahmed untuk melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan sekarang dapat tenang, karena mereka dapat membawa anaknya ke masjid tanpa khawatir anaknya akan mengganggu jalannya ibadah di masjid.

Konsep tempat bermain anak ini adalah 'Masjid yang Ramah Anak'. Sehingga diharapkan, anak-anak dapat merasa nyaman dengan suasana masjid dan kelak akan menjadi kekuatan bangsa untuk mempertahankan masjid-masjid di Ankara dan Turki.

Tempat bermain anak ini disediakan bagi anak di bawah umur yang belum mengerti sholat. Sedangkan untuk anak yang sudah mulai belajar sholat, mereka diperkenankan untuk ikut masuk ke masjid bersama orang tuanya sehingga dapat berlatih sholat juga.

Wah menarik ya readers? Bagaimana menurut kalian?
Unik! Cara Turki Dekatkan Masjid Kepada Anak dengan Memberi Fasilitas Bermain untuk Anak di Masjid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top