Kamis, 23 Juni 2016

Unik! Tomat Busuk dapat Menghasilkan Listrik!

Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin A dan C. Tomat sering digunakan dalam masakan dan salad. Selain itu, tomat juga digunakan untuk membuat minuman, seperti jus. Dan tak lupa saus tomat yang banyak digemari.

Tapi sayangnya, kita sering menemui tomat yang sudah busuk, padahal kita masih ingin mengkonsumsinya. Tomat busuk sebaiknya jangan dibuang, tapi dimanfaatkan kembali. Bukan untuk membuat saus atau membuat pupuk, melainkan manfaatkan untuk menghasilkan listrik!
Tomat busuk / Gambar via idea-sandbox.com
Baru-baru ini, ada penelitian yang dipamerkan dalam acara tahunan American Chemical Society (ACS) yang menunjukkan bahwa tomat yang busuk dapat menghasilkan listrik jika dicampur dengan bakteri lain. Bahkan, sumber energi yang dihasilkan bisa sangat besar.

Salah satu peneliti tersebut, Namita Shrestha, mengatakan bahwa tomat busuk dapat dijadikan sumber energi listrik yang sangat besar ketika digunakan bersalam sel elektrokimia mikroba. Proses ini juga membantu memurnikan tomat yang sudah terkontaminasi.

Cara tomat busuk dapat menjadi aliran listrik yaitu dengan cara disatukan bersama sel bakteri khusus. Kemudian, bakteri tersebut akan mengoksidasi tomat dan melepaskan elektron. Setelah elektron dilepas, elektron tersebut akan ditangkap oleh sel bahan bakar dan akhirnya menjadi listrik.

Namun, listrik yang dihasilkan dari 10 miligram tomat busuk adalah 0,3 watt, masih sangat rendah. Tapi secara teori, jika dapat mengumpulkan tomat busuk sebanyak 396.000 ton, maka dari tomat itu dapat menghasilkan listrik bagi Walt Disney World selama 90 hari.

Semoga penelitian mengenai tomat busuk ini semakin dikembangkan, sehingga kita dapat memiliki alternatif penciptaan aliran listrik dengan bahan alami.
Unik! Tomat Busuk dapat Menghasilkan Listrik! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top