Senin, 06 Juni 2016

Unik! Tumbuhan Ternyata Memiliki Kemampuan Super yang Hebat!

loading...
Seperti kita ketahui bahwa tumbuhan juga makhluk hidup. Yang namanya makhluk hidup pasti bergerak, bernafas, dan melakukan aktivitas lainnya. Manusia dan hewan adalah makhluk hidup, mereka bergerak, berpindah tempat, dan sangat terlihat aktivitas apa yang dilakukan.

Tumbuhan juga merupakan makhluk hidup, tapi ia tidak bergerak seperti manusia dan hewan. Meski terlihat pasif, tapi ternyata tumbuhan memiliki cara unik dalam proses bergeraknya. Dan mereka juga memiliki kemampuan hebat yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Apa saja itu?

Inilah tumbuhan yang memiliki kemampuan super hebat :
  1. Mentimun Jawa - Master Mekanika Penerbangan

    Biji timun / Gambar via edenbrothers.com
    Biasanya benih dapat pergi kesuatu tempat karena bantuan angin. Jika tidak bisa diterbangkan oleh angin, maka akan jatuh ke bawah. Namun, berbeda dengan mentimun Jawa, dimana benihnya dapat terbang teratur layaknya pesawat. Bahkan seorang pelopor penerbangan Austria, Igo Etrich, mendasarkan desain glider pesawat pada bentuk benih ini.
  2. Pohon Eucalyptus - Mempunyai Bom Napalm untuk Musuh Mereka

    Pohon eucalyptus / Gambar via news.nationalgeographic.com
    Batang pohon eucalyptus mengandung minyak yang sangat mudah terbakar. Pohon ini benar-benar dapat meledak dan terbakar, seperti menjetikkan puntung rokok ke pompa bensin.
  3. Marcgravia Evenia - Memanipulasi Kelelawar

    Marcgravia Evenia / Gambar via nature.com
    Sebuah pohon anggur Kuba, Marcgravia Evenia, memiliki daun yang fungsinya seperti satelit di atas buahnya. Fungsinya bukan untuk menangkap sinar matahari, tapi untuk memancarkan sinyal yang dapat diterima oleh kelelawar guna penyebaran benih.
  4. Buah Ara - Tanaman yang dapat Membalas Dendam

    Buah dan serangga adalah hubungan hewan dan tumbuhan yang saling menguntungkan. Contohnya pohon ara dengan tawon ara. Buah ara menyediakan makanan bagi tawon, dan tawon membantu dalam penyerbukan.
    Buah ara / Gambar via mguhlin.org
    Tapi ketika tawon ara tidak melakukan tugasnya, hanya makan dan pergi, maka pohon ara akan membalas dendam. Yaitu dengan menjatuhkan buahnya yang belum matang sehingga anak-anak tawon yang belum menetas mati.
  5. Dodder - Anggur Hutan yang Berburu untuk Makanannya

    Dodder / Gambar via natureworldnews.com
    Dodder tidak memiliki akar atau daun, tapi ia dapat melekat pada tubuh tanaman lainnya untuk menyerap sari makanan. Tanaman ini dapat mendarat di pohon, lalu menancapkan taringnya dan mulai menyerap.
Wow, ternyata tumbuhan bisa melakukan hal super seperti ini ya!
Unik! Tumbuhan Ternyata Memiliki Kemampuan Super yang Hebat! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top