Selasa, 12 Juli 2016

Aneh! Kamu akan Terheran-heran jika Tahu Jumlah Penduduk Desa ini!

Secara sederhana, desa merupakan suatu daerah yang dihuni oleh beberapa kepala rumah tangga. Di dalamnya terdapat struktur pemerintahan desa, serta sebagian besar kegiatan warga desa adalah bertani dan berternak.

China merupakan negara dengan penduduk terpadat. Diperkirakan penduduk di China sekitar 1,3 miliar jiwa. Bahkan, pemerintah mengeluarkan peraturan bahwa dalam satu keluarga hanya boleh memiliki satu anak. Hal ini untuk menekan pertumbuhan penduduk China.
Liu Shengjia / Gambar via dailymail.co.uk
Namun, dengan penduduk yang padat serta wilayah yang luas ini, tak membuat seluruh wilayah China padat penduduk. Buktinya ada satu desa di China, dimana desa ini hanya memiliki satu orang penduduk! Saking sepinya, penduduk ini hanya ditemani oleh domba.

Inilah desa Xuenshanse, terletak di Provinsi Gansu. Jika berada di sini, kamu mungkin tak akan menyangka kalau ini ada di China, karena tempatnya yang terpencil dan sangat sepi. Benar-benar di desa ini hanya tinggal seorang lelaki dan domba-dombanya.

Lelaki yang menghuni desa ini bernama Liu Shengjia. Selama 10 tahun terakhir ini ia hidup sendirian. Awalnya desa yang ia huni ini berpenduduk normal, ia memiliki tetangga dan keluarga. Namun, karena minimnya sumber daya, para tetangganya pergi dan tak sedikit pula yang meninggal dunia.

Liu sendiri memilih untuk menetap di desa karena menjaga ibunya yang berusia lanjut. Sayangnya, ibu Liu yang sudah berusia lanjut itu meninggal dunia juga. Akhirnya hanya tersisa Liu di desa ini, sendirian tanpa teman kecuali ternak dombanya. Hidupnya pun sengsara di sini.

Untuk mendapatkan air bersih, ia harus memikulnya dari tempat yang jauh. Begitu pula dengan bahan makanan, ia mendapatkannya dari tempat yang berkilo-kilo meter jauhnya. Hal ini membuat Liu harus menyediakan kebutuhannya sendiri.

Beruntunglah Liu masih mendapatkan uang dari pekerjaannya menjaga hutan di dekat desanya itu. Meski begitu, Liu bukanlah orang yang terbelakang. Terbukti bahwa ia telah memiliki rumah yang layak, nyaman, juga tempat tidur ekstra yang layak digunakan. Rumahnya pun dialiri listrik, dan tak lupa ia juga memiliki handphone agar ketika orang ingin berkunjung ke desa itu dapat menghubunginya.

Meski sendirian, Liu mengaku dapat menikmati hidupnya. Namun, jika saatnya sudah tepat nanti, Liu mungkin akan pindah ke tempat yang lebih ramai.

Wah betah sekali ya Liu! Pelajaran untuk yang jomblo, sendiri bukanlah akhir segalanya, tak harus selalu memiliki pacar, bersyukurlah memiliki teman yang dekat denganmu. Sendiri bukan akhir dari segalanya, bangkitlah dan syukuri hidup ini seperti apa yang dilakukan oleh Liu.