Selasa, 19 Juli 2016

Apakah Berdosa Menjualkan dan Menjahit Baju yang tak Sesuai Syariat Islam?

loading...
Islam adalah agama yang indah, segala yang ada di kehidupan ini diatur dalam agama Islam. Jadi, dengan berpegang teguh pada ajaran Islam, kita tidak akan ketinggalan zaman ataupun menjadi kurang pergaulan, karena Islam akan tetap relevan digunakan di zaman apapun.

Mungkin dari kita belum sadar, bahkan ada yang masih meremehkan hukum Islam, salah satunya adalah mengenai pakaian. Jika 10 tahun yang lalu jilbab hanya terlihat dipakai oleh wanita dari pesantren, tapi sekarang sudah wanita biasa yang memakai jilbab.
Penjahit / Gambar via mastertailorsaustin.com
Banyaknya yang memakai jilbab juga dilandasi dengan niat yang berbeda, ada yang niat karena memang ingin menutup aurat, ada juga yang hanya ingin ikut trend semata. Meski begitu, kita wajib menghormati keputusan saudara muslim kita yang ingin mengenakan jilbab.

Zaman sekarang ini, pakaian banyak yang tidak sesuai dikenakan, bahkan tak sesuai syariat Islam. Banyak orang yang memakai baju yang memperlihatkan bentuk tubuh, baju yang menerawang sehingga terlihat di dalam tubuhnya, dan masih banyak lagi baju yang tak sesuai.

Baju itu ada karena ada yang membuatnya. Sebagai penjahit, apakah berdosa menjahit dan menjual baju yang tak sesuai syariat Islam?

'Maa adda ilal haraami fahuwa haraamun', yang artinya "apa saja yang membawa kepada yang haram adalah haram". Kegiatan haram, apalagi yang melibatkan orang banyak meskipun tak menyadari tetap saja haram. Semua yang turut andil dalam kegiatan tersebut baik dalam tenaga, materi, maupun dukungan moral, mendapatkan dosa sesuai dengan kadar keterlibatannya.

Jika Anda seorang penjahit dan tak ingin mendapat dosa karena menjual dan menjahitkan baju diluar syariat Islam, sebaiknya jangan mau menerima pesanan baju yang tak sesuai syariat Islam, kecuali jika baju itu hanya dipakai di rumah saja.

Mungkin awalnya sulit bagi Anda, tapi yakinlah bahwa Allah Ta'ala akan selalu mencurahkan rezekinya kepada kita semua melalui jalan yang lain dan lebih baik. Jika kita meninggalkan keburukan karena taat kepada Allah Ta'ala, insyaAllah akan diganti oleh Allah Ta'ala sesuatu yang lebih baik lagi.

Wallahu a'lam bishawab.
Apakah Berdosa Menjualkan dan Menjahit Baju yang tak Sesuai Syariat Islam? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top