Senin, 11 Juli 2016

Apakah Boleh Makan sambil Berbicara?

loading...
Tentu saja, semua orang pasti butuh makan. Makan untuk memenuhi keperluan gizi tubuh, dan supaya kita dapat memiliki energi untuk melakukan akvtivitas. Makan yang baik adalah makan yang sesuai dengan keperluan tubuh kita, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Makan yang paling enak adalah makan bersama, bersama keluarga ataupun teman. Saat-saat inilah yang paling menyenangkan, dimana kita bisa makan sambil mengobrol. Hal ini dapat mendekatkan hubungan dan mencairkan suasana.

Tapi, apakah boleh makan sambil berbicara?

Makan sambil berbicara / Gambar via dailymail.co.uk
Mengenai boleh atau tidaknya makan sambil berbicara, bahwa sahabat Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'anhuma bercerita, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah meminta istrinya untuk diambilkan lauk. Namun kata mereka, "Kami tidak punya lauk apapun selain cuka". Kemudian sang Nabi tetap minta diambilkan cuka, dan makan dengan lauk cuka sambil berkata, "Sebaik-baik lauk adalah cuka...sebaik-baik lauk adalah cuka... (HR. Muslim 2052)

Makna dari hadits tersebut adalah, kita dianjurkan untuk berbicara ketika makan. Hal ini untuk membuat suasana menjadi akrab bagi orang-orang yang ikut makan. (Syarh Shahih Muslim, 7/14)

Para ulama juga menganjurkan berbicara ketika makan, terlebih berbicara mengenai pujian pada makanan dan pujian kepada Allah Ta'ala mengenai makanan yang telah diberikan-Nya.

Berbicara mengenai kebaikan ketika makan itu juga merupakan etika. Ini berarti, kita juga puas dan senang terhadap makanan yang kita makan. Hal ini pun akan membuat hati sang pemasak ikut senang. Tapi ingat, jangan makan sambil bergurau berlebihan atau berteriak karena nanti dapat menyebabkan tersedak.

Agar suasana akrab, mari biasakan makan sambil berbicara yang baik-baik, dan jangan lupa berdo'a sebelum dan sesudah makan ya!
Apakah Boleh Makan sambil Berbicara? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top