Senin, 25 Juli 2016

Apakah Boleh Mengharap Ganjaran Berkali Lipat ketika Bersedekah?

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah Ta'ala. Kita juga sering mendengar bahwa sedekah sebesar apapun, Allah Ta'ala akan menggantinya berkali-kali lipat. Sudah banyak kisah orang yang menjadi sukses karena ia rajin bersedekah, orang yang sembuh dari sakitnya yang menahun karena sedekah, dan masih banyak lagi.

Kalau berbicara boleh atau tidak boleh, tentu saja boleh mengharap berkah ganjaran berlipat melalui sedekah, karena sedekah dapat membantu orang yang kesusahan. Tapi kalau berbicara rugi atau tidak rugi, sungguh merugi bagi orang yang hanya mengharapkan dunia ketika bersedekah.
Sedekah / Gambar via biyokulule.com
Inilah kerugian bagi orang yang mengharapkan dunia ketika sedekah :
  1. Ada Ahli Sedekah yang Masuk Neraka

    Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, disebutkan seorang syudaha. Ia rajin beribadah dan rajin sedekah. Namun, ketika ia meninggal malah diseret ke neraka. Hal ini dikarenakan ia bersedekah dengan tujuan riya', riya' adalah syirik kecil yang letaknya di dalam hati.
  2. Meninggalkan Sedekah ketika Apa yang Diinginkannya belum Tercapai

    Memang boleh saja berniat ingin lebih sukses, mendapat jodoh, atau hal duniawi lainnya. Tapi, sebaiknya niat lurus hanya untuk Allah Ta'ala. Karena, jika berniat duniawi dikhawatirkan sedekah tidak bertahan. Niatkan lurus hanya untuk Allah Ta'ala, dan biarkan keindahan duniawi sebagai bonusnya.
  3. Kebaikan di Dunia tak Berarti Kebaikan di Akhirat

    Jika hanya berharap untuk memperoleh kekayaan di dunia yang berkali lipat dari yang disedekahkan, Allah Ta'ala bisa saja memberi balasannya di dunia seperti yang diharapkan, tapi bisa saja di akhirat tidak memperoleh pahala.
Intropeksi diri lagi, apakah niat kita ketika bersedekah sudah baik atau belum. Jika belum, mari luruskan niat kita dan niatlah bersedekah karena Allah Ta'ala dan untuk tujuan mulia membantu saudara kita yang kesusahan.

Wallahu a'lam bishawab
Apakah Boleh Mengharap Ganjaran Berkali Lipat ketika Bersedekah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top